Dark/Light Mode

Sewot Lihat Biden Bakal Menang

Trump: Jangan Sembarang Klaim, Saya Juga Bisa...

Sabtu, 7 November 2020 10:07 WIB
Presiden petahana AS Donald Trump (Foto: Net)
Presiden petahana AS Donald Trump (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Joe Biden memenangkan Pilpres 2020 kini semakin terbuka lebar. Biden yang unggul di 4 medan pertempuran penting, kini sudah mengantongi 264 suara elektoral, dari minimal 270 yang disyaratkan untuk menuju Gedung Putih. Sementara Donald Trump, baru mengumpulkan angka 214.

Fakta ini jelas membikin Trump ketar-ketir. Di tengah kans untuk kembali berkuasa yang kian sempit, Trump tampak tengah menguji, seberapa jauh dia bisa menggunakan ornamen kekuasaan presiden untuk merusak kepercayaan dalam pemungutan suara.

Baca juga : Biden Ingatkan Trump Jangan Buru-buru Klaim Kemenangan

Kamis (5/11) lalu, Trump menuding Pilpres 2020 berlangsung penuh kecurangan. Presiden ke-45 AS itu juga menyebut rivalnya, Biden, berupaya merebut kekuasaan dari presiden yang sah, dengan cara luar biasa.

"Ini adalah kasus ketika mereka mencoba mencuri pemilihan. Mereka mencoba untuk mencurangi pemilihan," kata Trump dari podium ruang rapat Gedung Putih.

Baca juga : Krisis Pangan Mengintai Kita Nggak Boleh Diam..

Jumat (7/11) malam, Trump pun mencuit via akun Twitter pribadinya. Melampiaskan kekesalannya terhadap penghitungan suara, yang tampaknya bakal memenangkan Biden.

"Joe Biden jangan sembarang mengklaim kursi kepresidenan. Saya juga bisa mengklaim seperti itu. Proses hukum baru dimulai!" ujar Trump.

Baca juga : Penasehat Keamanan Trump: China, Ancaman Abad Ini

Sementara Biden, pada Kamis (5/11), mencoba meredakan ketegangan pendukungnya dan memproyeksikan citra kepemimpinan presiden yang lebih tradisional.

"Setiap surat suara harus dihitung. Saya meminta semua orang untuk tetap tenang. Hasilnya, adalah kehendak para pemilih. Bukan mewakili perorangan, atau kelompok," paparnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.