Dark/Light Mode

Biar Suasana Adem Lagi

Jokowi-Prabowo Perlu Naik Kuda Bareng Lagi

Selasa, 16 April 2019 08:21 WIB
Suasana debat Capres Kelima yang diadakan di Hotel Sultan, Sabtu (13/4). (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).
Suasana debat Capres Kelima yang diadakan di Hotel Sultan, Sabtu (13/4). (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tensi politik yang tinggi perlu segera diredakan. Presiden terpilih punya tugas untuk membikin suasana kembali adem. Jokowi dan Prabowo perlu naik kuda bareng lagi.

Saran ini disampaikan Rohaniwan-budayawan, Franz Magnis Suseno dalam diskusi, di Jakarta, Senin (15/4). Dia berharap, elite politik memberikan contoh hilangkan ketegangan yang sedang terjadi.

Baca juga : Orang PKS Ini Doakan Jokowi Terpilih Lagi

“Presiden terpilih perlu menciptakan suasana di mana kita semua, baik pendukung ‘satu’ atau ‘dua’, mau duduk bersama sambil minum kopi, dan saling meminta maaf. Mungkin karena terlalu kasar atau terbawa emosi saat masa-masa kampanye,” tutur Franz.

Menurutnya, selama kampanye bergulir, ada banyak perkataan yang menyinggung. Baik oleh simpatisan maupun tim pendukung. Misalnya, mereka yang memanggil kubu lain dengan sebutan-sebutan yang tak baginya pantas.

Baca juga : Mau Umumkan 80 Calon Menteri, Prabowo Pede Apa Kepedean?

“Kalau kubu-kubu politik disebut sebagai partai Allah dan partai Setan, maka rasanya tidak mungkin mereka dapat menerima perbedaan satu sama lain,” kata pria yang akrab disapa Romo Magnis ini.

Lahirnya kubu-kubu politik, lanjut dia, sejatinya tidak perlu membahayakan atau membawa risiko perpecahan. Masyarakat Indonesia dinilai telah mampu menempatkan diri serta tidak mudah terpicu pertikaian hanya karena perbedaan pendapat.

Baca juga : Minta Pendukung Jaga TPS, Prabowo: Kalau Iwan Bopeng Datang Bagaimana?

“Masyarakat pasti bisa membawa diri dan tidak pernah berakhir pada pertikaian yang menjatuhkan korban,” kata dia. Bila perlu, habis nyoblos upaya mendinginkan tensi perlu dilakukan.

Upaya itu bisa dimulai dari kedua capres yang bertarung. “Kalau perlu Pak Jokowi dan Pak Prabowo naik kuda lagi. Ini kan sangat bagus dilihat dan akan mencairkan suasana yang sudah tegang sejak awal,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.