Dark/Light Mode

Hasil Perhitungan Sementara KPU

PDIP Kuasai Kebon Sirih

Kamis, 25 April 2019 07:57 WIB
Pertemuan kader PDI Perjuangan beberapa waktu lalu. (Foto: PDI Perjuangan).
Pertemuan kader PDI Perjuangan beberapa waktu lalu. (Foto: PDI Perjuangan).

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan optimistis menguasai kursi Kebon Sirih, sebutan DPRD DKI Jakarta. Ini sesuai hasil penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan hasil perhitungan sementara KPU, per 24 April 2019, pukul 09.00, PDI Perjuangan masih berada di urutan pertama perolehan suara sebanyak 19,37 persen.

Disusul urutan kedua, PKS sebanyak 17,72 persen, Partai Gerindra 14,94 persen, Partai Golkar 6,5 persen, dan Partai Demokrat 6,32 persen.

Baca juga : Cegah Pengacau, Wiranto Jaga KPU Dari 7 Mata Angin

“Bagaimana pun, saya yakin, PDIP masih unggul. Haqqul yaqin lah. Sangat yakin,” tegas Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Gembong Warsono, Rabu (25/4).

Gembong juga mengucapkan selamat kepada PKS karena mengalami peningkatan di Pileg 2019. Meski demikian, Gembong tetap yakin perolehan suara PDIP masih menguasai Jakarta.

“Kalau soal peningkatan PKS, memang iya, saya ucapkan selamat kepada PKS. Tetapi saya masih yakin untuk Jakarta, kita masih bisa menguasai. Insya Allah masih leading,” ujarnya.

Baca juga : KPU Pastikan Korban Gempa Palu Ikut Pemilu

Terkait nama calon legislatif (caleg) PDIP masuk ke DPRD DKI periode 2019-2024, Gembong tidak mau berkomentar. Ia tidak ingin mendahulu perhitungan suara resmi dari KPU.

Termasuk salah satu caleg PDIP, mantan artis cilik, Tina Toon, yang diperkirakan terpilih jadi anggota DPRD DKI. Gembong mengakui, berdasarkan hitungan sementara, Tina Toon termasuk caleg yang lolos masuk DPRD DKI.

“Ya kalau kita bicara hitungan sementara, iya. Namanya sementara, kan belum valid. Tapi dari sisi hitungan sementara, Tina Toon masuk,” ungkapnya.

Baca juga : Sebelum Hari Pencoblosan, KPU Jamin Masalah Di Malaysia Kelar

Keberadaan caleg baru dan berusia muda, tidak menjadikan mereka sebagai saingan bagi para politisi senior PDIP yang sudah lebih dahulu bergelut dalam DPRD DKI. Justru caleg muda ini akan dimaksimalkan tenaga dan pikirannya untuk mengawal Pemprov DKI ke depan.

“Kita ada tenaga baru yang nanti akan kita maksimalkan mengawal pemerintahan Provinsi DKI Jakarta ke depan,” tegasnya.

Caleg DPR Banten Lapor Ke Bawaslu Caleg DPR dari PPP di Dapil I Provinsi Banten, Usep Saepudin mendatangi Bawaslu, Rabu (25/4). Usep mengaku kalah karena maraknya praktik politik uang atau money politics.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.