Dark/Light Mode

Dicapreskan PDIP Jatim, Jateng, Sulut

Puan Makin Gesit

Kamis, 1 Juli 2021 07:35 WIB
Ketua DPR Puan Maharani bersama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat berkunjung ke Mabes TNI, Jakarta Pusat, Selasa (29/6/2021). (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua DPR Puan Maharani bersama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat berkunjung ke Mabes TNI, Jakarta Pusat, Selasa (29/6/2021). (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Dengan adanya dukungan dari Sulut, maka tercatat sudah 3 DPD PDIP yang mendukung Puan untuk nyapres di Pemilu 2024. Yakni, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Politisi PDIP, Ruhut Sitompul tidak menampik, saat ini di internal Banteng, Puan jadi primadona. Banyak kader dan pengurus yang memang mengharapkan Puan bertarung di Pilpres 2024.

“Aku rasa bagus itu, karena kalau bicara partai, memang semua maunya Mbak Puan. Tinggal nanti, kita lihat lah. Kan kita lempar nanti ke masyarakat, dicarikan, siapa kita punya partner pasangannya,” kata Ruhut ketika dikonfirmasi, tadi malam.

Baca juga : Dialog Dengan Partai Rusia Bersatu, Golkar Ingin Kerja Sama Makin Intensif

Namun, Ruhut membantah jika ada rencana DPP PDIP melakukan deklarasi dukungan secara terbuka untuk Puan dalam waktu dekat.

“Enggak, kalau sekarang ibu masih suruh bekerja aja dulu, untuk rakyat. Untuk itu (deklarasi) nanti. Belum waktunya diomongin,” terangnya.

Eks politisi Demokrat ini membantah, saat ini di PDIP terdapat kubu-kubuan terkait peta dukungan untuk Pilpres 2024. Ada yang bilang 3 kubu, ada juga bahkan sampai 5 kubu. Mulai dari kubu Jokowi, Puan, Prananda, Budi Gunawan hingga Ganjar Pranowo.

Baca juga : Puan Capres Banteng Semakin Sulit Dijegal

“PDI Perjuangan beda sama partai lain. Kita semua tegak lurus sama bu Mega. Apa kata bu Mega, itu yang kita laksanakan,” tegasnya.

Analis politik Hendri Satrio membenarkan adanya peningkatan intensitas gerakan Puan akhir-akhir ini. “Nampaknya dia mulai bergerak, tapi sayang terhambat karena Covid aja. Kita berharap, prokes harus diperketat, jangan sampai kegesitan Mbak Puan belakangan ini bikin terpapar Covid-19,” kata Hensat, sapaan karibnya, tadi malam.

Pendiri lembaga survei Kedai KOPI ini menghitung, popularitas hingga elektabilitas Puan bakal merangkak naik seiring dengan derasnya dukungan dari bawah.

Baca juga : Libur Panjang Bikin Deg-degan...

“Kalau popularitas pasti akan naik, karena deklarasi dukungan itu pasti akan memblow-up nama Puan. Kalau elektabilitas enggak signifikan. Pada saat sudah resmi diputuskan oleh PDIP baru naik signifikan itu. Jika PDIP kompak dan langsung diumumkan, elektabilitas Puan bisa langsung naik 24 persen itu,” tuturnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.