Dark/Light Mode

Gabung Koalisi Pemerintah

Cieee, PAN CLBK Nih Ye...

Jumat, 27 Agustus 2021 07:18 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: Dok. DPR)
Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: Dok. DPR)

 Sebelumnya 
“Apalagi hubungan Bang Zulkifli Hasan (Zulhas) dengan Pak Jokowi sudah terjalin baik, sejak Pak Jokowi menjabat Wali Kota Solo sampai sekarang,” ujar Viva.

Hal senada disampaikan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Menurut dia, Zulhas memiliki komunikasi yang baik dengan pimpinan lintas parpol. Misalnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum NasDem Surya Paloh dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Tidak eksklusif dengan partai pendukung pemerintah saja. Kita juga memiliki hubungan yang baik dengan partai lain,” ujar Eddy kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pemerintah Pede Defisit APBN 2021 Lebih Rendah

Ketika ditanya, apakah tidak takut kehilangan pendukung karena gabung ke dalam pemerintahan, Eddy menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat.

“Kita turun ke masyarakat, untuk berbuat bareng mereka. Saya yakin masyarakat Indonesia itu cerdas dan apresiatif terhadap mereka yang betul-betul hadir,” ujarnya.

Kata Eddy, ini demi kepentingan rakyat menang melawan Covid-19, sehingga tidak ada lagi dikotomi di dalam atau berada di luar pemerintahan. Semua parpol wajib bersatu demi menangani pandemi dan memulihkan ekonomi nasional. Kemenangan ini membutuhkan kerja sama, gotong royong, dan kerja keras, semua pihak. “Hukumnya fardhu ain. Jadi, semua harus turun membantu,” ucapnya.

Baca juga : Gengs, Bansos Sudah Dibagikan, Pemerintah Peduli Saat Pandemi

Gayung bersambut, kehadiran PAN di dalam gerbong partai pendukung pemerintah disambut baik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sekjen PPP Arwani Thomafi menilai, semakin banyak partai yang bergabung semakin besar manfaatnya untuk rakyat. “Terutama, program menangani persoalan Covid-19, ini bisa lebih baik lagi,” ujar Arwani.

Hal senada di sampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Vokalis di Senayan ini berkelakar, harusnya dari dulu PAN bergabung bersama pemerintah. “Bagi PKB, seribu teman itu terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak,” kata Jazilul. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.