Dark/Light Mode

Pidato Kemenangan di Kampung Deret

Jokowi: Saya Pemimpin 100% Rakyat Indonesia

Rabu, 22 Mei 2019 10:01 WIB
Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin mengepalkan tangan usai menyampaikan pidato kemenangan 
di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5). (Foto: Randi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).
Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin mengepalkan tangan usai menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5). (Foto: Randi Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka).

 Sebelumnya 
Jokowi pun meminta semua pihak menerima hasil Pemilu 2019. Sebab, itu merupakan bentuk penghargaan terhadap kedaulatan rakyat yang sesungguhnya.

Selain itu, sikap menerima juga menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi. Jokowi lalu mengapresiasi perubahan sikap Prabowo-Sandi. Awalnya, Prabowo-Sandi ogah menggunakan jalur hukum dalam memprotes hasil Pemilu.

Baca juga : Akui Kemenangan Jokowi, PAN Hanya Gugat Hasil Pileg di 5 Dapil

Perkembangan terbaru, Prabowo-Sandi akhirnya memilih jalur hukum dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya sangat menghargai apabila Pak Prabowo dan Pak Sandi ke MK. Itu memang proses sesuai konstitusi dan Undang-Undang,” tutupnya.

Baca juga : PSSI dan FA Komitmen Kembangkan Sepak Bola Indonesia

Setelah pidato, Jokowi kembali ke Istana melanjutkan agenda kenegaraan. Salah satunya melantik Hinsa Siburian menjadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Menjelang sore, sekitar pukul 15.30, Jokowi menerima Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang datang bersama Sekjen Hasto Kristiyanto. Jokowi kemudian mengadakan pertemuan tertutup dengan mereka.

Baca juga : BTN Kerek Ekonomi Petani Purwakarta

Lalu, Jokowi menerima Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Setalah itu, secara berturut-turut Jokowi menerima Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibyo, dan Ketum Hanura Oesman Sapta, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, dan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Apa yang dibahas? Airlangga menjelaskan, pertemuan itu dalam rangka memberikan ucapan selamat ke Jokowi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.