Dark/Light Mode

Ingin Pemilu 2024 Berkualitas

Wasit Pemilu Jangan Anti Parpol

Kamis, 14 Oktober 2021 07:25 WIB
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Muhammad. (Foto: Dok. DKPP)
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Muhammad. (Foto: Dok. DKPP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah terpilih. Tim yang dikomandoi Juri Ardiantoro itu diharapkan bisa memilih personel dua lembaga itu, yang dapat membangun komunikasi dengan partai politik.

Berita Terkait : Koalisi Jalan Sendiri-sendiri

“Kebutuhan Pemilu 2024, tidak hanya kualitas, tapi juga integritas. Perencanaan yang baik itu 50 persen keberhasilan,” ujar Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Muhammad, di webinar bertajuk Mencari Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI Periode 2022-2027, kemarin.

Berita Terkait : NasDem Prihatin, Kok Parpol Koalisi Pemerintah Berantem

Menurutnya, Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 merupakan pesta demokrasi yang istimewa. Sebab, masyarakat akan memilih calon legislatif (DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Pemilihan Presiden secara bersamaan.

Berita Terkait : Syarief Ingatkan Pemilu 2024 Jangan Sampai Makan Korban Penyelenggara

Kemudian pada November 2024, masyarakat juga akan mengikuti Pilkada Serentak. Ada tiga masalah langganan pesta demokrasi yang harus diantisipasi. Yaitu, akurasi daftar pemilih, kepesertaan Pemilu, dan penghitungan suara. “Kalau semua itu beres, pesta demokrasi akan berjalan baik,” ucapnya.
 Selanjutnya