Dewan Pers

Dark/Light Mode

Peringati Hari Pahlawan, Sahabat Ganjar Beri Santunan Kepada Para Veteran

Rabu, 10 Nopember 2021 16:20 WIB
Sahabat Ganjar saat bersilaturahmi dengan sejumlah pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dan veteran di Gedung LVRI, Jalan Mastrip, Surabaya, Selasa (9/11). (Foto: Sahabat Ganjar)
Sahabat Ganjar saat bersilaturahmi dengan sejumlah pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia dan veteran di Gedung LVRI, Jalan Mastrip, Surabaya, Selasa (9/11). (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Sahabat Ganjar menggelar aksi sosial dengan memberikan santunan dan bantuan sosial kepada PKRI (Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia) dan veteran yang tergabung dalam LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) di Surabaya, Selasa (9/11).

Kegiatan ini dilakukan di Surabaya lantaran Ibu Kota Jawa Timur tersebut menjadi tonggak perjuangan kemerdekaan Indonesia, sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang jatuh hari ini, atau tepatnya 10 November 2021.

Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar Jaka Saptana mengatakan, orang boleh saja berkata, "yang lalu biarlah berlalu," atau "untuk apa mengingat yang sudah berlalu." Namun faktanya, kita tidak bisa melupakannya begitu saja.

Berita Terkait : Hari Pahlawan, BPIP Ajak Elemen Bangsa Bersatu Dan Merawati NKRI

"Masa lalu adalah guru terbaik dalam kehidupan. Tanpanya kita tidak akan menjadi diri kita yang sekarang," ujar Jaka Saptana dalam keterangan yang diterima RM.id, Rabu (10/11).

Menurut dia, mengenang jasa para pahlawan dan mempelajari sejarah negara merupakan salah satu upaya untuk mencegah kembali terulangnya kesalahan masa lalu.

Hal tersebut bahkan pernah disampaikan Bung Karno dalam pidatonya 17 Agustus 1966, “Jasmerah!”, yang artinya, jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah.

Berita Terkait : Hari Pahlawan, Menag Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Bangsa

"Karena itu, melalui kegiatan ini kami berupaya memberikan dukungan dan bantuan sosial kepada para PKRI Indonesia sebagai penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap mereka. Jasa para pahlawanlah yang membuat kita bisa menikmati kemerdekaan sampai saat ini," tuturnya.

Rangkaian acara ini dibuka dengan silaturahmi dan jamuan makan bersama para veteran kemudian dilanjut dengan pembagian santunan kepada 41 anggota PKRI dan 10 pengurus LVRI Kota Surabaya yang berlokasi di Gedung LVRI, Jalan Mastrip, Surabaya.

Selanjutnya Sahabat Ganjar melakukan Gerebek Rumah tiga anggota PKRI. Rumah pertama yang dikunjungi adalah rumah Sudjud Tarkojosopuro yang berlokasi di Sidosermo PDK VC Kavling 69 Surabaya.

Berita Terkait : Hindari Kedaluwarsa, Ganjar Perintahkan Vaksin Lekas Disuntikkan

Kemudian, rumah kedua yang dikunjungi Sahabat Ganjar adalah Rumah Iswari yang bertempat di Jalan Bendul Merisi GG. Besar Timur No.145, Surabaya.

Terakhir rumah ketiga, yaitu Rumah PKRI Bapak Soetrimo beralamat di Jalan Sidosermo PD. VI Surabaya. Sahabat Ganjar juga memberikan bingkisan kepada 3 anggota PKRI tersebut berupa paket sembako dan santunan.
 Selanjutnya