Dark/Light Mode

Diungkap Bawaslu

Hate Speech Makin Menggila Di Medsos

Sabtu, 24 Juni 2023 06:45 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ujaran kebencian (hate speech) meningkat di media sosial (medsos). Bahkan, diprediksi akan semakin menggila mendekati kampanye. Bentuknya pun makin bervariasi. Tak hanya tulisan, tapi ada juga yang berbentuk video.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja menyoroti fenomena ujaran kebencian yang makin meningkat. Bahkan, eskalasinya makin kencang ketika masing-masing bakal calon presiden (bacapres) telah mengumumkan kandidat wakilnya.

“Sekarang belum ada cawapres saja meningkat, apalagi sudah ada cawapres,” kata Bagja di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Dibekali Teknologi Baru, BBM Shell Bikin Mesin Joss

Menurut Bagja, ujaran kebencian tidak selalu dalam bentuk tulisan. Bawaslu men­emukan bentuk baru ujaran kebencian dalam bentuk video. Bentuk baru ujaran kebencian tersebut berpotensi sebagai pelanggaran.

“Saya baca di Twitter reply-nya itu ngeri sekali, sudah mulai naik. Di Facebook juga demikian,” katanya.

Bagja mengatakan, Bawaslu sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melakukan pengawasan terhadap ujaran kebencian hingga rasisme jelang Pilpres 2024 yang tersebar di media so­sial. Dia meyakini, eskalasi hate speech ini akan pecah pada masa kampanye.

Baca juga : TGB Yakin Mega Tak Bisa Ditekan

“Misalnya, kita biarkan, tidak kita take­down, tidak peringatkan orang-orang yang melakukan hate speech dan juga rasisme yang bertebaran, maka makin banyak,” katanya.

Menurut Bagja, Pilpres 2024 termasuk pemilu, harus berjalan aman dan damai. Bawaslu tidak melarang adu gagasan melalui media sosial di dalam proses kampanye. Hanya saja, setiap pengguna media sosial harus menghargai kebebasan berpendapat orang lain.

“Boleh adu kreativitas, main sosmed, TikTok boleh, tapi yang penting kita menghargai kebebasan berpendapat orang lain juga. Itu yang harus kita lakukan saat ini,” kata Bagja, mengingatkan.

Baca juga : Dirut Angkasa Pura I Dinobatkan Sebagai Pemimpin Terpopuler Di Media Online

Sebelumnya, Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengajak Bawaslu untuk menangkal hoax dan uja­ran kebencian melalui kampanye mereka yang berjudul Social Media 4 Peace.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.