Dark/Light Mode

Demokrat Rawan Kejebak Perangkap Politik Banteng

Selasa, 4 Juli 2023 07:45 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Saya pikir, Demokrat tak mau merobek tiketnya di putaran pertama. Mereka akan tetap ngototmengajukan AHY sebagai Cawapres sebagai prasyarat koalisi,” terangnya.

Menanggapi hal ini, fungsionaris PDIP, Hendrawan Supratikno menegaskan, partainya tak menutup pintu terhadap partai manapun, termasuk Demokrat. Baik di Pemilu putaran pertama atau kedua.

Baca juga : Jangan Ikutan Perang Politik

“Peluang itu tetap terbuka. Apalagi lebih mudah menemukankesamaan pandangan di antara partai politik berbasis kebangsaan,” ujar Hendrawan dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebelumnya, Politisi Partai Demokrat, Benny K Harman mengatakan, pertemuan AHY-Puan salah satunya membahas soal kemungkinan kerja sama politik. Bahkan, jika Pilpres ber­langsung dua putaran, Demokrat bisa berlabuh ke poros PDIP.

Baca juga : Banteng Cari Dukungan

“Jika nanti tokoh yang di­usung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tidak lolos putaran kedua, maka terbuka ba­gi Demokrat bersama yang lain. Itu kalau misalnya jago kita tidak masuk putaran kedua,” ungkap Benny dikutip dari Kompas Tv, kemarin.

Sedangkan, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengaku, tidak khawatir denganisu kedekatan PDIP dengan Demokrat. “Apa masalahnya? Semua punya hak untuk menen­tukan garis politik,” katanya saat kunjungan kerja dan konsolidasi di kantor DPW Partai NasDem Bali, pekan lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.