Dark/Light Mode

Cegah Politisasi Identitas

Jaga Mulut Dan Jarimu Ya…

Sabtu, 5 Agustus 2023 06:45 WIB
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Totok Hariyono. (Foto: Antara)
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Totok Hariyono. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Mari kita ikut mengawasi bersama Pemilu 2024 dengan turut serta berpar­tisipasi melaporkan dugaan pelanggaran ke Bawaslu,” ajaknya.

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan, pihaknya memiliki beberapa strategi pengawasan untuk mencegah politisasi identitas. Salah satunya den­gan metode gotong-royong, baik dengan Pemerintah, masyarakat dan berbagai pihak lainnya.

“Bawaslu tidak bisa sendiri melakukan kerja-kerja pengawasan,” kata Herwyn.

Baca juga : Pendukung Prabowo Mimpi Bisa Rebut Jateng Dan Jakarta

Dia mengatakan, Bawaslu juga mengoptimalkan sosialisasi, penyediaan informasi publik dan pendidikan politik kepada masyarakat, tim kampanye, rela­wan serta pasangan calon. Baik melalui kegiatan koordinasi maupun mengguna­kan media massa baik cetak, elektronik maupun media sosial.

“Itu beberapa pelaksanaan gotong-royong pengawasan politik SARA dalam pemilu,” katanya.

Herwyn mengungkapkan, Bawaslu telah menjalin kerja sama dengan berba­gai pihak guna mewujudkan pemilu jujur dan berintegritas. Seperti dengan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT).

Baca juga : Tesla Batal Investasi Di Indonesia, Partai Garuda Sebut Tak Masalah

Menurutnya, dalam hal masyarakat, Bawaslu juga telah melakukan pendidi­kan tidak hanya soal pengawasan pemilu, tapi juga pencegahan.

“Karena itu, harapan Bawaslu, semua pihak dapat membantu melakukan kerja pengawasan,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 5/8/2023 dengan judul Cegah Politisasi Identitas, Jaga Mulut & Jarimu Ya…

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.