Dark/Light Mode

Ditantang Mahasiswa UI Debat

Anies Langsung Terima Tantangan

Selasa, 22 Agustus 2023 08:00 WIB
Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Anies Baswedan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) menantang bakal Capres; Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan untuk debat terbuka. Mendapat tantangan itu, Anies langsung menerimanya.

Tantangan itu disampaikan Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang, kemarin. “Silakan datang ke UI jika berani. Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua Capres untuk hadir ke UI. Karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian,” ujarnya.

Undangan debat terbuka itu disampaikan Melki merespons putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang merevisi materi Pasal 280 ayat (1) huruf h Undang-Undang Pemilu. Dalam revisinya disebutkan kampanye diperbolehkan di tempat pendidikan asal mendapat izin dari penanggung jawabnya dan hadir tanpa atribut kampanye.

Baca juga : Temanan Sejak Mahasiswa, Ganjar-Imin Gampang Ngeklik

Melki menilai, sosialisasi yang dilakukan Capres terkesan membosankan. Menurutnya, banyak ujaran minim substansi atau sekadar lip service. Karena itu, dengan adanya putusan MK tersebut bisa dijadikan ajang bagi akademisi kampus untuk menguji gagasan para Capres. Momentum ini juga bisa mengembalikan citra kampus sebagai lembaga yang kritis.

“Sudah saatnya setiap kampus kembali ke marwahnya sebagai tempat pencarian kebenaran guna sebesar-besarnya kemaslahatan bangsa. Tiap calon pemimpin harus diuji kapasitas dan substansinya di dalam kampus secara serius daripada sekadar jualan pencitraan dan kampanye tak bermutu,” kata Melki.

Lalu apa tanggapan Capres terkait itu? Kemarin, baru Anies yang menanggapi langsung tantangan BEM UI itu. “Yuk, kapan?” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu, di akun media sosialnya, kemarin.

Baca juga : Mentan Pimpin Langsung Pembuatan Biosaka Di Kalsel

Juru bicara Anies, Surya Tjandra menambahkan, Anies dengan senang hati akan datang. Apalagi, saat ini, pihaknya tengah mendekati para anak muda.

Menurut dia, Anies pada Minggu depan juga akan ke Fisip UI hadiri kuliah kebangsaan.

 “Kebetulan 29 Agustus 2023 Fisip UI bikin acara dengan mengundang tiga bacapres,” ungkap Surya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.