Dark/Light Mode

Senopati Syndicate: Tagar Prabowo Presiden dan Relawan Ganjar Banyak Dimention Netizen

Kamis, 24 Agustus 2023 17:14 WIB
Tagar Prabowo Presiden dan Relawan Ganjar banyak di-mention netizen. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)
Tagar Prabowo Presiden dan Relawan Ganjar banyak di-mention netizen. (Foto: Instagram Ganjar Pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga riset Senopati Syndicate melakukan pemantauan terhadap tanda pagar (tagar) yang digunakan oleh tiga bakal Calon Presiden: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Senopati Syndicate Robi Sugara mengatakan, pihaknya melakukan klasifikasi terhadap tiga tagar yang berhubungan dengan Prabowo, Ganjar, dan Anies.

"Pertama #prabowo, #prabowosubijanto, #ganjarpranowo, #ganjar, #ganjar_pranowo, #aniesbaswedan, #anies. Kedua #prabowopresiden, #prabowopresidenku, #prabowopresidenri, #ganjarforpresiden2024, #ganjarpresiden2024, #aniespresiden2024, #aniesforpresiden2024," kata Robi, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (24/8).

Adapun yang terakhir, Senopati Syndicate menghubungkan bakal Capres dengan para relawannya. "#relawanprabowo, #relawanprabowosubianto, #relawanprabowojateng, #relawanganjar, #relawanganjarpranowo, #relawananies," ujarnya.

Baca juga : Elektabilitas Kembali Menguat, Pengamat: Tingkat Pengenalan Ganjar Makin Tinggi

Dia bilang, untuk kategori tagar nama bakal Capres, maka Prabowo unggul dari lawan-lawannya.

"Tagar #prabowo, #prabowosubijanto memperoleh total tagar 1.648.494. Tagar #ganjarpranowo, #ganjar, #ganjar_pranowo memperoleh total tagar 1.444.418. Tagar #aniesbaswedan, #anies memperoleh total tagar 1.398.646. Kemudian tagar #prabowopresiden, #prabowopresidenku, #prabowopresidenri juga unggul dari 2 bakal Capres lainnya. Prabowo memperoleh 145.297. Tagar #ganjarforpresiden2024, #ganjarpresiden2024," papar Dosen Fisip UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Sementara untuk kategori relawan dari masing-masing bakal Capres, Ganjar mengungguli lawan-lawannya.

"Tagar #relawanprabowo, #relawanprabowosubianto, #relawanprabowojateng memperoleh 1.799. Tagar #relawanganjar, #relawanganjarpranowo memperoleh 56.905. Tagar #relawananies hanya memperoleh 17.259," tambahnya.

Baca juga : Survei Y-Publica: Head-to-Head, Prabowo 51,8 Persen, Ganjar 32,7 Persen

Menurut Robi, jumlah tagar menjadi salah satu indikator kekuatan bagi masing-masing bakal Capres yang akan berkonsentrasi pada Pemilu 2024.

Prabowo Subianto unggul dalam tagar Prabowo sebagai presiden. Ganjar dan Anies unggul dalam tagar relawan mengalahkan jauh dari Prabowo.

"Tagar relawan Ganjar unggul di posisi teratas yang kemungkinan menduplikasi strategi kemenangan Jokowi sebagai presiden," ucap dia.

Sementara peluang Prabowo dalam Pemilu 2024 berada pada orang yang menjadi eksekutor langsung ketimbang Ganjar dan Anies yang masih harus berkonsultasi dengan partai pengusungnya.

Baca juga : Sasar Basis Pekerja, Relawan Buruh Ganjar Deklarasi Di Jatim

Hal ini diakui Robi, membuka peluang bagi pergerakan penambahan relawan-relawan pengusung Prabowo yang bisa berhubungan langsung dengan Ketua Umum Gerindra tersebut.

"Relawan adalah faktor penentu bagi kemenangan bakal Capres ke depan. Akan tetapi peluang Prabowo dalam menggalang relawan akan melaju pesat. Sebab dirinya tidak menghadapi kendala dengan partai pengusung, dia sendiri yang memimpin partai dibanding Ganjar dan Anies," pungkas Robi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.