Dark/Light Mode

Airlangga: Tunggu Hitungan Jam, Bakal Ada Parpol Yang Gabung KIM

Sabtu, 16 September 2023 19:04 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga kiri dan Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily usai menggelar acara Presidential Lecture Series, di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (16/9/2023). (Foto: Edy Burnama/RM)airlangga
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga kiri dan Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily usai menggelar acara Presidential Lecture Series, di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (16/9/2023). (Foto: Edy Burnama/RM)airlangga

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkap, bakal ada satu parpol lagi, yang akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Partai apa yang akan bergabung, Menko Perekonomian itu masih berahasia.

“Tunggu saja. Dalam hitungan jam akan ada pengumuman,” kata Airlangga usai menggelar acara Presidential Lecture Series, di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Awak media lalu menanyakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang tak terlihat batang hidungnya di acara tersebut. 

Baca juga : Ajak Pelanggan Peduli Lingkungan, Pertamina Adakan Uji Emisi Gratis Di 14 SPBU

Soal ini, Airlangga menjelaskan, Prabowo tak hadir karena tengah memastikan kehadiran parpol baru, yang akan bergabung dalam KIM.

“Tunggu dalam jam-jam ini,” ujarnya.

Info bakal ada satu parpol yang bergabung dengan KIM ini, disampaikan Airlangga usai menggelar pertemuan dengan para bos parpol yang merupakan petinggi KIM di Kantor DPP Partai Golkar, Kamis (14/9) malam.

“Kita tunggu, bakal ada satu partai lagi yang akan masuk,” kata Airlangga kala itu.

Baca juga : Stasiun Halim Bakal Jadi Yang Termegah

Saat ini, KIM beranggotakan lima parpol: Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) serta dua parpol non parlemen: Gelora, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Awalnya, PKB juga bergabung dengan Gerindra dalam koalisi KIM, yang semula bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Bahkan, PKB merupakan partai pertama yang membangun kerja sama politik dengan Gerindra.

Namun, setelah setahun berjalan, PKB memutuskan keluar. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu kemudian bergabung dengan NasDem, untuk mendukung capres Anies Baswedan. 

Baca juga : Airlangga-Bahlil Gandengan Di Istana, Badai Yang Hantam Beringin Telah Berlalu

Duet Anies-Imin sebagai pasangan capres dan cawapres 2024, telah diumumkan Ketua Umum NasDem Surya Paloh pada 29 Agustus 2023 di NasDem Tower.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.