Dark/Light Mode

PKB Dan PKS Bersatu

Akar Rumput Bebas Konflik

Minggu, 17 September 2023 07:30 WIB
Ketua DPP PKB, Daniel Johan. (Foto: DPR RI)
Ketua DPP PKB, Daniel Johan. (Foto: DPR RI)

 Sebelumnya 
Sudirman meyakini, jagoan­nya di pesta demokrasi men­datang ini dapat mengembalikan pergerakan sosial sekaligus keberpihakan masyarakat untuk mengelola negara. "Koalisi Perubahan menjadi lengkap dan solid sehingga optimis membawa kemenangan Anies-Cak Imin dalam Pilpres 2024," katanya.

Sudirman mengungkapkan, kekuatan dukungan tiga partai terhadap jagoannya. Menilik Pileg 2019, Partai NasDem mendapatkan 12,66 juta suara (9,05 persen) dan 59 kursi di DPR. PKB mendapatkan 13,57 juta suara (9,69 persen) dan 58 kursi di DPR. Sedangkan PKS meraih 11,49 juta suara (8,21 persen) dan 50 kursi di DPR.

Baca juga : Ketahanan Energi Jadi Kunci Menuju Bebas Karbon

Total perolehan suara ketiga parpol Koalisi Perubahan pada Pileg 2019 sebanyak 37,72 juta suara. Sementara itu, koalisi 3 parpol ini total memiliki 167 kursi atau jauh di atas keten­tuan batas minimal 115 kursi di DPR sebagai syarat presidential threshold.

Sebelumnya, Cak Imin ber­terima kasih kepada Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah menetapkan­nya menjadi Cawapres Anies Baswedan. Dia menegaskan, PKB dan PKS, bersama Partai Nasdem siap memenangkan Pilpres 2024.

Baca juga : Aduan Ke Dewan Pers, LPDS Ingatkan Wartawan Pedomani Kode Etik Jurnalistik

"Tentu sebagai Ketua Umum PKB menyambut dan dengan penuh suka cita, siap bekerja sa­ma, PKB-PKS menyongsong ke­menangan di 2024, memenang­kan pasangan AMIN," ujar Muhaimin di Kantor DPP PKS, Jakarta, Jumat (15/9) malam.

Bagi Wakil Ketua DPR ini, keputusan Majelis Syura PKS terhadapnya merupakan se­buah kepercayaan yang akan menjadi semangat mewujud­kan Indonesia yang adil, mak­mur, dan sejahtera. Diceritakan, hubungan PKB dan PKS sudah terjalin sejak lama, baik di ekse­kutif dan legislatif. Salah satun­ya, saat dirinya dan Salim Segaf Aljufri menjadi bagian dari kabinet pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga : BPK Penabur Gelar Festival Catur Pelajar Nasional

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 17/9/2023 dengan judul PKB & PKS Bersatu, Akar Rumput Bebas Konflik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.