Dark/Light Mode

Pemilu 2024 Mulai Panas

Hoaks Jangan Dipercaya!

Senin, 18 September 2023 06:45 WIB
Ketua KPU, Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua KPU, Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Atas dasar itu, kata Hasyim, KPU menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga,salah satunya Kementerian Agama (Kemenag). Kata dia, kerja sama ini un­tuk mengoptimalkan sosialisasi kepemiluan di lembaga pen­didikan yang berada di bawah naungan Kemenag.

“(Di Kemenag) Ada siswa, mahasiswa yang masuk dalam kategori pemilih, juga ada tenaga pengajar, dosen, guru yang dapat berkontribusi dalam pendidikan pemilih, sosialisasi atau bah­kan menjadi bagian dari para penyelenggara pemilu,” katanya.

KPU, kata Hasyim, akan meli­batkan kantor perwakilan Ke­menag yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia untuk menyempurnakan penyelenggaraan Pemilu 2024. Sebab, pihaknya memerlukan dukungan sampai tingkat desa atau kelurahan, termasuk penempatan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga : PAM Jaya Kurang Berjaya

“Sehingga kerja sama dan kolaborasi dengan Kemenag menjadi sesuatu yang penting,” kata dia

Sementara, Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas bersyukur dan senang dilibat­kan dalam proses demokrasi yang bersejarah. Kemenag, kata dia, siap mendukung dan berkontribusi penuh untuk me­nyukseskan Pemilu 2024.

“Kemenag, akan mengerahkan seluruh instrumen yang dimiliki, terutama dalam sosialisasi dan edukasi penyelenggaraan Pemi­lu 2024,” kata Gusmen Yaqut di Gedung KPU, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Papua Masih Sistem Noken

Yaqut menyebut, Kemenag memiliki penyuluh agama se­banyak 50 ribu orang. Juga me­miliki Madrasah Aliyah (MA) yang sebagian sudah memiliki hak suara. Kemudian perguruan tinggi, mulai sekolah tinggi, in­stitut, dan universitas yang bisa dipakai penyelenggara pemilu.

“Kami memiliki semua in­strumen ini, dan siap berkontri­busi terhadap pemilu ke depan,” jelasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 18/9/2023 dengan judul Pemilu 2024 Mulai Panas, Hoaks Jangan Dipercaya!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.