Dark/Light Mode

Tingkatkan Angka Partisipasi Pemilu, KPU Dan UPR Lakukan Sosialisasi

Jumat, 22 September 2023 12:46 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng dan Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar sosialisasi bertajuk “KPU Goes to Campus, School dan Pesantren, Selasa (19/9).

Kegiatan yang digelar di Aula Rahan, Lantai 2 Gedung Rektorat UPR dihadiri unsur pimpinan Rektorat dan Fakultas, serta mahasiswa-mahasiswi UPR dari berbagai Program Studi.

Kabag Pendidikan Pemilih Setjen KPU RI Arif Ma’aruf menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak pemilih pemula dan pemilih muda untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan penyelenggaran Pemilu Tahun 2024.

Menurutnya, pemilih pemula dan pemilih muda harus menjadi subjek pemilu, yakni turut serta menjadi agen sosialisasi yang mampu memberikan pengaruh pada masyarakat untuk menyuarakan pentingnya menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024.

Baca juga : Targetkan Pecinta Japanese Premium Dining, BNI dan JCB Luncurkan Kartu Kredit

Serta, meningkatkan partisipasi pemilih secara kuantitas maupun kualitas pada Pemilu Tahun 2024.

Rektor UPR yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Natalina Asi menyampaikan apresiasi kepada KPU atas kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para pemilih, khususnya pemilih pemula.

Sehingga mereka dapat mengetahui betapa pentingnya pemilu bagi bangsa Indonesia dan berharap para mahasiswa dapat berpartisipasi aktif di hari pemilihan dengan tidak menjadi golput.

Menurutnya, salah satu basis pemilih yang perlu mendapat perhatian besar adalah pemilih pemula dan pemilih muda (Generasi Y dan Z) yang dapat direpresentasikan dari partisipasi mahasiswa, siswa dan santri.

Baca juga : Kepincut Ganjar, Mahasiswa Apresiasi Gagasan Penguatan KPK Dan Hilirisasi 

Jumlah pemilih muda sekitar 107 juta orang atau 53-55 persen dari total jumlah pemilih pada Pemilu Tahun 2024.

"Jumlah ini sangat potensial dalam upaya-upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran Pemilu Tahun 2024. Gen Y dan Z sebagai agent of change sangat diharapkan dalam memperbaiki proses demokrasi di Indonesia ke depan,” kata Natalina Asi, Jumat (22/9).

Pemilihan sembilan provinsi sebagai lokus kegiatan KPU Goes to Campus, School dan Pesantren berdasarkan data partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.

Pemilihan enam provinsi yang dipilih, yaitu Maluku, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara didasarkan atas daerah dengan kategori tingkat partisipasi pemilih rendah.

Baca juga : Dosen IPB Ingatkan Faktor Keamanan Dalam Pemilihan Kemasan Pangan

"Harapannya, melalui kegiatan ini daerah dimaksud mampu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024. meningkatkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2019," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.