Dark/Light Mode

Penuhi Permintaan Publik

KPU Mau Umumkan Riwayat Hidup Capres Cawapres

Jumat, 29 September 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu Idham Holik. (Foto: dok. KPU RI)
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu Idham Holik. (Foto: dok. KPU RI)

 Sebelumnya 
Idham mengatakan, pada 19-25 Oktober 2023, capres dan cawapres akan mendaftarkan diri ke KPU. Setelah itu, dokumen mereka akan dicek kelengka­pan administrasinya. Setelah lengkap, daftar riwayat hidup mereka akan segera dipublikasikan.

Selain itu, pihaknya juga akan melaku­kan komunikasi persuasif dengan koalisi partai politik (parpol). Tujuannya, agar parpol menyetujui keterbukaan daf­tar riwayat hidup capres cawapres yang mereka usung. Juga pemenuhan hak informasi atas kandidat.

Tidak hanya itu, tambah Idham, riwayat kesehatan capres cawapres juga bakal dipublikasikan, tapi tentunya atas izin mereka. Sebab, riwayat kesehatan adalah dikecualikan menurut Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga : Pengamat: Ada Pragmatisme Politik Praktis Soal Batas Usia Capres/Cawapres

Lebih lanjut, Idham menambahkan, Indonesia saat ini merupakan negara ke-70 yang meratifikasi Freedom of Information Act (FoIA) atau Undang-Undang Kebebasan Informasi.

“Dalam merumuskan aturan teknis dan memperlakukan dokumen pencalonan capres dan cawapres akan merujuk ke­pada aturan tersebut,” tandas Idham.

Terkait dimajukannya jadwal pendaf­taran capres cawapres, Idham kembali menegaskan, hal itu bertujuan untuk as­pek efektivitas dan efisiensi.

Baca juga : Dave Laksono Yakin MK Bijak Putuskan Batas Usia Capres/Cawapres

Awalnya, KPU telah menjadwalkan pendaftaran pasangan capres dan cawapres pada 19 Oktober 2023. Kemudian, pihaknya memberikan alternatif dengan memajukan jadwal pendaftaran menjadi 10-16 Oktober 2023.

Pihaknya juga memberi opsi lain terkait pendaftaran capres-cawapres dalam rapat konsultasi dengan DPR. Pendaftaran yakni pada 19-25 Oktober 2023. Alternatif terbaru itu disepakati oleh DPR dan Pemerintah.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 29/9/2023 dengan judul Penuhi Permintaan Publik, KPU Mau Umumkan Riwayat Hidup Capres & Cawapres

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.