Dark/Light Mode

Sahabat Ganjar Sharing Budaya Seni Bantengan Dan Pembuatan Tape Khas Bondowoso

Sabtu, 30 September 2023 22:42 WIB
Kegiatan pembuatan tape khas Bondowoso di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur Jatim, Sabtu (30/9/2023). (Foto: Sahabat Ganjar)
Kegiatan pembuatan tape khas Bondowoso di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur Jatim, Sabtu (30/9/2023). (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sahabat Ganjar menggelar serangkaian kegiatan menarik dalam upaya menjaga kelestarian budaya daerah di beberapa kota di Jawa Timur, Sabtu (30/9).

Yang pertama adalah sharing budaya seni bantengan di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, dan kedua pembuatan tape khas Bondowoso di Kabupaten Bondowoso.

Di Kecamatan Gedangan, kegiatan pengenalan budaya seni bantengan yang digelar Sahabat Ganjar dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Baca juga : Laksa Dan Cio Tao Jadi Warisan Budaya Tak Benda Kota Tangerang

Terutama, seniman lokal yang tampak antusias berbagi cerita dan pengalaman terkait budaya tersebut.

Salah satu seniman, William Kertajaya, mengaku sangat terkesan dengan inisiatif Sahabat Ganjar menggelar kegiatan yang bertujuan mendukung kelestarian budaya ini.

"Seni bantengan adalah budaya yang sungguh luar biasa! Saya merasa bangga bisa berbagi dan belajar dari teman-teman seniman lainnya. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan untuk melestarikan kekayaan budaya kita,” kata Wiliam.

Baca juga : Baznas Sedih Jika Dana Zakat Disalurkan ke Organisasi Anti NKRI

Sementara itu, di Kabupaten Bondowoso, Sahabat Ganjar sukses menyelenggarakan kegiatan pengenalan pembuatan tape khas daerah tersebut.

Salah satu pengusaha tape khas Bondowoso bernama Giana Ester berharap, kegiatan pengenalan pembuatan tape Bondowoso ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghargai proses dan keunikan produk lokal tersebut.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, tape Bondowoso semakin dikenal dan diapresiasi oleh masyarakat luas," kata Giana. 

Baca juga : Ganjar Siap Hilirisasi Sektor Perkebunan Dan Kelautan Jika Jadi Presiden

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Sahabat Ganjar Kabupaten Bondowoso, Frima Yuli Andayani, memastikan pihaknya akan terus berkomitmen mendukung kegiatan yang mengangkat kearifan lokal, memperkuat komunitas, dan memberikan dorongan positif bagi para pelaku usaha lokal.

"Melalui kegiatan ini kami juga ingin berperan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia selanjutnya. Kami akan terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya dan mendukung kegiatan yang membangun solidaritas dan keberlanjutan di masyarakat," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.