Dark/Light Mode

Survei Indikator: Warga Jatim Jagokan Ganjar Capres, Erick Cawapres

Minggu, 1 Oktober 2023 16:17 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Foto: Tangkapan layar video Zoom)
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. (Foto: Tangkapan layar video Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) memotret secara khusus peta elektoral warga di Jawa Timur (Jatim) jelang Pilpres 2024. Hasilnya Ganjar Pranowo dan Erick Thohir mendapat dukungan paling besar sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Direktur Eksektutif IPI Burhanuddin Muhtadi mngatakan survei bertajuk Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur dilakukan pada periode 14-20 September 2023.

"Ini benar-benar fresh from the oven ya, setelah deklarasi mas Anies dengan Cak Imin dan setelah Demokrat melabuhkan dukungannya ke Prabowo," kata Burhan saat merilis hasil surveinya secara daring, Minggu (1/10).

Saat merilis survei ini, Indikator turut menghadirkan tiga narasumber, yakni Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Guru Besar FISIP Unair Prof Hotman Siahaan dan Direktur Utama Harian Rakyat Merdeka Kiki Iswara.

Burhan menerangkan, jumlah sampel dalam survei ini mencapai 1.810 orang dan terdistribusi secara merata di seluruh kabupatend dan kota di Jatim. Responden terpilih melalui multistage random sampling ini diwawancarai secara tatap muka.

Lalu kenapa Indikator melakukan survei secara khusus di Jatim?

Baca juga : Survei Indikator di Jatim, Ganjar Unggul 10,1 Persen dari Prabowo

Burhan menjelaskan, dalam beberapa ajang pemilihan presiden (pilpres) pemenangnya acapkali ditentukan oleh peta kekuatan di Jatim. Ia mengibaratkan provinsi yang kini dipimpin oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu layaknya Ohio di Amerika Serikat.

"Ini pula yang terjadi saat Pak Jokowi menang di 2014 dan Pilpres ketika memenangkan SBY di pemilu 2009," jelasnya.

Untuk mengetahui pilihan warga Jatim terkait capres, Indikator melakukan beberapa simulasi semi terbuka. Mulai dari simulasi, 34 nama, 19 nama, 10 nama dan 3 nama.

Hasilnya, Ganjar unggul di 4 simulasi itu. Di simulasi 34 nama, Ganjar membukukan elektabilitas 38,6 persen. Prabowo Subianto diurutan kedua (28,3 persen) dan Anies Baswedan (11,2 persen).

Dua nama lainnya di 10 besar adalah Khofifah (2,2 persen), Mahfud (1,9 persen), Ridwan Kamil (1,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (1,2 persen), Erick Thohir (0,9 persen), Andika Perkasa (0,6 persen)dan Ustad Abdul Somad (0,5 persen).

Di simulasi 19 nama, 3 nama di papan atas masih diisi oleh Ganjar (38,7 persen), Prabowo (27,6 persen) dan Anies (11,1 persen).

Baca juga : Survei Terbaru Indikator: Erick Thohir Layak Dipilih Ganjar Dan Prabowo

Sementara di simulasi 10 nama, Ganjar terus menguat (40,3 persen), Prabowo (29,2 persen) dan Anies (13,1 persen). 

Ganjar masih memimpin di simulasi 3 nama dengan mendulang elektabilitas 43,9 persen. Sementara Prabowo dan Anies masing-masing 33,8 persen dan 14,4 persen.

Itu artinya, deklarasi Anies-Imin atau Amin yang sebelumnya diyakini dapat mengerek suara Anies di Jawa Timur ternyata belum menunjukkan dampak positif. Justru tren elektablitasnya menurun.

"Setelah mas Anies deklarasi dengan Cak Imin belum ada implikasi positif. Sementara pendukung Ganjar dan Prabowo meningkat," lanjut Burhan.

Sementara itu, peta dukungan cawapres di Jatim juga menarik. Dua nama yang paling mencuri perhatian warga Jatim dan Nahdlatul Ulama sebagai ormas terbesar adalah Erick Thohir dan Khofifah.

Dukungan terhadap keduanya terpaut tipis di sejumlah simulasi. Dalam simulasi 19 nama misalnya, Erick unggul di urutan pertama (17,2 persen), disusul Khofifah (15,1 persen), Mahfud (11,5 persen), Ridwan Kamil (9,2 persen) dan Sandiaga Salahuddin Uno (7,1 persen).

Baca juga : Megawati Bahas Pemenangan Ganjar Dan Beri Pidato Penutupan

Jika dikerucutkan pada kecenduran pilihan dari warga NU, Khofifah unggul tipis dari Erick yakni 16,9 persen berbanding 16,1 persen. Sementara Cak Imin hanya mendulang 5,5 persen dukungan NU.

Dalam konteks ormas Islam, Erick mendapat dukungan paling besar dari Muhammadiyah (19,9 persen), Khofifah (8,3 persen), Mahfud (9 persen).

Dalam simulasi 5 nama semi terbuka, Erick lagi-lagi unggul (24,7 persen), Khofifah (24,4 persen). 

Erick juga paling banyak dipilih sebagai sosok cawapres paling pantas mendampingi Ganjar dai total 13 nama, yakni 20,1 persen dan Khofifah 18,5 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.