Dark/Light Mode

Dinilai Sosok Paripurna, 3 Lembaga Survei Jagokan Yenny Wahid Jadi Cawapres 2024

Rabu, 4 Oktober 2023 14:38 WIB
Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid (Foto: Instagram Yenny Wahid).
Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid (Foto: Instagram Yenny Wahid).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosok Zannuba Ariffah Chafsoh atau dikenal dengan Yenny Wahid selalu konsisten dengan elektabilitas tertinggi sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari kalangan perempuan untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Setidaknya hal itu terpotret dari survei yang dilakukan tiga lembaga survei.

Survei pertama dilakukan oleh lembaga Rumah Demokrasi dalam rentang waktu dari 28 Agustus hingga 4 September 2023.

Baca juga : Politisi PDIP: Nyaris Mustahil, Ganjar Pranowo Jadi Cawapres 2024

Survei ini dilakukan secara regional di dua wilayah, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hasilnya, ada dua nama tokoh perempuan yang sering disebut dan mulai disimulasikan dengan calon presiden yang ada baik itu Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Keduanya tokoh ini yaitu putri Gus Dur, Yenny Wahid dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dalam paparannya, pimpinan Rumah Demokrasi, Ramdansyah mengungkapkan bahwa terdapat respon positif terhadap munculnya Cawapres perempuan pada Pilpres 2024.

Baca juga : Gubernur Sumsel Ajak Warga Doakan Apriyadi Jadi Bupati Muba 2024-2029

Yenny Wahid Dinilai Cawapres Paling Rasional dan Paling Potensial Melalui simulasi pertanyaan top of mind pendapat responden jika ada cawapres perempuan di Pilpres 2024.

Sebagain besar responden setuju, mendukung dan mendorong munculnya kepemimpinan perempuan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Survei juga menemukan beberapa argumen yang disampaikan responden, di antaranya adalah untuk membuka ruang politik yang pro gender, kehadiran perempuan di posisi strategis, pentingnya tokoh perempuan di posisi strategis untuk memperjuangkan kepentingan kaum perempuan.

Baca juga : Kamis Besok, Demokrat Umumkan Sikap Resmi Dukungan Capres 2024

Adapun pendalaman pertanyaan yang dilakukan terhadap responden terkait dengan temuan respon positif tersebut, dilakukan dengan mengajukan pertanyaan apakah responden akan memilih cawapres perempuan, menunjukkan bahwa sebagian besar responden akan memilih jika ada Cawapres Perempuan pada kontestasi Pilpres 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.