Dark/Light Mode

KPU Gandeng BMKG

Distribusi Logistik Pemilu Aman, Nggak Kebanjiran

Rabu, 1 November 2023 06:45 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
KPU, menurut Hasyim, juga berk­oordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui potensi cuaca hingga bencana saat menyiapkan logistik, hingga TPS di hari pemilihan.

“Kecenderungan seperti apa, angin, badai, ombak, kita pantau supaya situasi kita carikan jalan kalau ada situasi ke­daruratan,” ucapnya.

Komisioner KPU dua periode ini me­mastikan, kesiapan logistik Pemilu 2024 akan selesai tepat waktu, sesuai yang telah disepakati bersama.

Baca juga : Gandeng BRI, BPJamsostek Berikan Perlindungan Bagi Para Debitur

“Proses pembuatan logistik pemilu sudah berjalan sesuai kontrak yang dilakukan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP),” ujarnya.

Sebagai informasi, KPU akan mencetak 1,2 miliar lebih lembar surat suara untuk Pemilu 2024. Surat itu meliputi pemilihan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPD, calon anggota DPR, calon anggota DPRD provinsi dan calon ang­gota DPRD kabupaten/kota.

Setiap pemilih akan mendapatkan lima jenis surat suara; capres-cawapres, DPR, DPD, DPRD Provinsi hingga DPRD kabupaten/kota.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Foto Bareng Istri, Hasto: Kepemimpinan Dimulai dari Keluarga

Sedangkan, pemilih di DKI Jakarta hanya akan mendapatkan empat jenis surat suara. Sebab, pemilih DKI tidak memilih calon anggota DPRD tingkat kabupaten/kota.

Selain itu, KPU telah menyiapkan alur logistik Pemilu 2024 menjadi 2 tahap. Produksi dan pengiriman logistik pemilu tahap I ke tempat penyimpanan/gudang KPU Kabupaten/Kota sejak 23 September sampai 21 November 2023 selama lebih kurang 60 hari kalender.

Logistik tahap pertama yaitu, kotak Suara sebanyak 4.164.552 buah, bilik suara 3.280.644 buah, segel plastik sebanyak 24.364.423 buah, tinta se­banyak 1.640.322 botol dan segel sebanyak 93.850.362 keping.

Baca juga : BNPT Gandeng Merchant E-Commerce Indonesia, Cegah Penyalahgunaan Barang

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 1/11/2023 dengan judul KPU Gandeng BMKG, Distribusi Logistik Pemilu Aman, Nggak Kebanjiran

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.