Dark/Light Mode

Dapil Jabar II

Taufik Hidayat Pendatang Baru, Dede Yusuf Ingin Tambah 1 Kursi

Kamis, 9 November 2023 07:50 WIB
Dapil Jabar II Taufik Hidayat Pendatang Baru, Dede Yusuf Ingin Tambah 1 Kursi

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan Jawa Barat atau Dapil Jabar 2 bakal jadi medan pertempuran panas Caleg dengan berbagai latar belakang. Selain politisi, sejumlah nama dari kalangan artis, olahragawan dan mantan Gubernur serta mantan Bupati juga ikut bersaing memperebutkan 10 kursi DPR.

Berdasarkan hasil Pemilu 2019, ada 10 nama Caleg dari Dapil Jabar 2 yang lolos ke Senayan. Mereka berasal dari Partai Nasdem, PDIP, PAN, Demokrat, PKS, Golkar, Gerindra dan PKB.

Baca juga : Dapil Neraka, Penantangnya Gajah Semua…

Partai Gerindra berhasil mengamankan dua kursi lewat Rachel Mariam Sayidina dan Iis Rosyita Dewi. Golkar juga meraih dua kursi, lewat Anang Susanto dan Ace Hasan Syadzily. Sedangkan partai lain, kebagian 1 kursi DPR. Dari PKB melalui Cucun Ahmad Syamsurijal, H. Yadi Srimulyadi dari PDIP, Rian Firmansyah dari NasDem, Diah Nurwitasari dari PKS adalah PAW dari Adang Sudrajat, Ahmad Najib Qodratullah dari PAN, dan Dede Yusuf dari Demokrat.

Pada Pemilu 2024, hampir semua incumbent kembali bertarung. Pada dapil yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu, mereka akan menghadapi beragam Caleg dari latar belakang berbeda-beda.

Baca juga : Putra, Habib, Mardani, Eko Digoyang Yusuf Dan Ali

Partai Gerindra yang menggondol 2 kursi DPR, coba mempertahankan kesuksesannya dengan mengusung kembali Rachel Maryam di dapil tersebut. Sebagai pengganti Iis Rosyita Dewi yang tidak maju lagi, Gerindra memasang mantan pebulutangkis dunia, Taufik Hidayat di nomor 2.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Golkar untuk mempertahankan 2 kursi legislatifnya. Ace Hasan dan Anang Susanto kembali maju di dapil tersebut. Bahkan untuk lebih menambah kekuatan, Golkar memasang mantan Bupati Bandung Dadang Nasser di dapil tersebut.

Baca juga : Demokrat Cagubkan Dede Yusuf

PKS yang sebelumnya cuma meraih 1 kursi DPR, coba mencari peruntungan baru dengan menempatkan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (PKS) bersama Diah Nurwitasari di dapil Jabar II ini.

Lain halnya dengan PDIP. Partai juara pemilu itu sepertinya punya ambisi besar untuk meningkatkan perolehannya di dapil tersebut. Selain incumbent, PDIP memasang 2 nama baru yang cukup menjanjikan. Mereka adalah eks Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan dan komedian Denny Cagur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.