Dark/Light Mode

Kinerjanya Mulai Dipertanyakan

Bawaslu Bisa Awasi Netralitas Alat Negara?

Minggu, 12 November 2023 06:45 WIB
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khairunnisa Nur Agustyati. (Foto: Ist)
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Khairunnisa Nur Agustyati. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Usep mencontohkan penurunan baliho pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Bali beberapa waktu lalu. Dia menduga, tindakan itu sengaja dilakukan penjabat Gubernur Bali Mahendra Jaya untuk me­muluskan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke provinsi tersebut.

“Sulit untuk menyangkal bila presiden bakal netral dalam Pemilu 2024. Apalagi, sang anak (Gibran Rakabuming Raka) juga maju. Sulit juga membantah bila aparat tidak digunakan untuk kepentingan politik,” kata Usep.

Baca juga : Relawan Ganjar Sejati Beri Edukasi Pengobatan Alternatif Dengan Metode Bekam

Menurut Usep, seluruh penjabat kepala daerah saat ini berada di bawah kendali presiden. Kata dia, keberadaan para pen­jabat yang tidak dipilih langsung oleh rakyat itu potensial dijadikan alat peme­nangan pasangan calon tertentu.

“Kami juga ragu Jokowi bakal benar-benar menghukum penjabat kepala daer­ah yang terindikasi memihak Prabowo-Gibran. Dia (Presiden Jokowi) bilang pj kepala daerah harus netral. Padahal, tidak demikian,” katanya.

Baca juga : Banteng Senayan Ngasah Tanduk

Usep mengatakan, Pemilu 2024 meru­pakan pertaruhan integritas Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu. Sebelum melakukan pengawasan, dia juga meminta Bawaslu menjaga netrali­tas. Soalnya, dia melihat pengkondisian pemenangan Prabowo-Gibran sudah sangat terencana.

“Kalau berharap dengan masyarakat untuk berani melaporkan, menurut saya agak susah. Karena ini hampir semuanya sudah termanajemen dengan baik untuk kepentingan tertentu,” katanya.

Baca juga : Perludem Minta Bawaslu Pantau Netralitas Alat Negara Menangkan Salah Satu Paslon

Usep menegaskan, Bawaslu harus tegas dan tidak pandang bulu dalam pengawasan pemilu. “KPU dan Bawaslu yang dituntut profesional. KPU itu kan punya kaki sebenarnya. Di kecamatan itu kan punya panitia pengawas,” ucap Usep.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 12/11/2023 dengan judul Kinerjanya Mulai Dipertanyakan, Bawaslu Bisa Awasi Netralitas Alat Negara?

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.