Dark/Light Mode

Dapil Jabar V

Adian Dan Fadli Zon Kelewatan Kalau Tidak Masuk Senayan Lagi

Minggu, 12 November 2023 07:50 WIB
Dapil Jabar V Adian Dan Fadli Zon Kelewatan Kalau Tidak Masuk Senayan Lagi

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat (Jabar) V bakal menjadi dapil neraka. Pasalnya, di dapil ini petahananya diisi tokoh-tokoh partai senior dan artis. Para penantangnya juga banyak dari kalangan publik figur.

Dilihat dari komposisi para calegnya, PKB memajukan lagi sang petahana Tommy Kurniawan. Sementara Gerindra terlihat ngotot menambah kursi lagi. Selain incumbent Fadli Zon dan Mulyadi, partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini, menurunkan Marlyn Maisarah, istri dari Wakil Ketua Harian Gerindra Sugiono.

Baca juga : Amankan Kursi, Pelantun Tenda Biru Harus Bersaing Dengan 106 Caleg

PDIP lebih niat lagi. Partai berlogo banteng ini bukan hanya menempatkan Adian Napitupulu sebagai petahana, mereka juga memajukan Indah Pertiwi Nataprawira dan penyanyi Anang Hermansyah. Sebaliknya, Partai Golkar justru ingin mempertahankan kursinya melalui Ravindra Airlangga, dan PAN yang masih mengandalkan Primus Yustisio sebagai pendulang suara. Begitu juga PPP, masih menjadikan Elly Rachmat Yasin sebagai ujung tombak untuk memikat hati rakyat.

Sementara, Partai Demokrat tetap mengandalkan Anton Sukartono Suratto dan Kamhar Lakumani selaku Bappilu partai berlogo Mercy. Sedangkan PKS rada ngotot dengan menggeser petahana Fahmi Alaydroes ke nomor urut dua, dan menjadikan Achmad Ru’yat di posisi satu. Partai NasDem, memilih Asep Wahyuwijaya, Jora Nilam Judge, dan presenter Ramzi untuk meraup suara Kabupaten Bogor.

Baca juga : Wapres Ingatkan Kasus Kelelahan Petugas Pemilu Tidak Terulang Di 2024

Dari partai nonparlemen, Partai Gelora menurunkan anak ketua umumnya, Hisan Anis Matta. PBB bahkan menaruh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor. Sisanya, ada Agus Supriyadi dari Partai Buruh, Lukman Malanuang dari PKN, Halim Shahab dari Partai Hanura, Ihsan Jauhari dari Partai Garuda, Gunawan Hasan dari PSI, Tama Satrya Langkun dan Bobby Maulana dari Perindo, serta Ansufri ID Sambo dari Partai Ummat.

Sebagai incumbent, Elly menyebut pertarungan di Dapil Jabar 5 sebagai “dapil neraka” karena banyak petarung nasional di antaranya Fadli, Adian, dan sederet artis seperti Tommy, Anang, dan Ramzi. “Mereka membuat pertarungan semakin dinamis dan menarik. Semua bergerak menunjukkan jati diri dan kekuatannya,” tutur Elly, Sabtu (11/11/2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.