Dark/Light Mode

Dapil Jabar XI Bertabur Artis, Ada Juga Istri Menteri

Sabtu, 18 November 2023 08:43 WIB
Ilustrasi adu kuat Caleg. (Gambar: RM)
Ilustrasi adu kuat Caleg. (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat XI, yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya, menjadi arena adu kuat bagi para pesohor Tanah Air, di Pemilu 2024. Sederet artis, mantan presiden partai, istri menteri, dan juga petahana, akan memperebutkan 10 kursi DPR di dapil ini.

Berdasarkan Daftar Calon Tetap (DCT) yang dirilis KPU, Dapil Jabar (XI) diisi 171 Caleg dari 18 partai politik. Dari artis, ada nama Mulan Jameela, vokalis Duo Ratu yang juga istri pentolan grup band Dewa 19, Ahmad Dhani. Mulan maju lewat Partai Gerindra sebagai Caleg petahana. Mulan bakal bertarung melawan petahana dari internal partainya sendiri, yaitu M Husein Fadlulloh dan Subarna. Di Pemilu 2019, Gerindra meraih tiga kursi di dapil ini.

Artis lain yang bertarung di dapil ini adalah Ali Syakieb. Pemeran Sadat dalam film “Serigala Terakhir” itu maju dari PDIP. Lalu, ada drummer grup musik Element sekaligus aktor, Didi Riyadi, ikut meramaikan persaingan di dapil ini melalui Partai NasDem.

Dari tokoh partai, ada nama mantan Presiden PKS Sohibul Iman. Dia adalah nama lama di dapil ini. Pada Pemilu 2014, Sohibul Iman terpilih di dapil ini. Namun, di Pemilu 2019 dia tidak mencalonkan diri karena menjabat sebagai Presiden PKS.

Untuk Pemilu 2024, Sohibul Iman mendapat nomor urut 1 di Dapil Jabar XI. Dia bakal bersaing dengan kader PKS lain yang menjadi petahana, Thoriq Hidayat.

Baca juga : Banyak Jawaranya, Istri Bupati Harus Melawan Mantan Kapolda

Selanjutnya, ada nama Nurhayati Effendi, istri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa. Anggota Komisi IX DPR ini dijagokan PPP untuk kembali meraih satu kursi di dapil ini seperti pada Pileg 2019.

Sebagai petahana, Nurhayati mengaku tak punya strategi khusus untuk meraih kemenangan kedua. Namun, anggota DPR yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan ini mengatakan, selama ini rutin melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di dapilnya.

“Terutama yang berkaitan dengan kesehatan, penurunan stunting, KB, pelatihan-pelatihan soft skill kepada generasi milenial dan gen Z untuk membekali mereka keterampilan menjadi entrepreneur,” ungkapnya, kepada Rakyat Merdeka, Jumat (17/11/2023).

Meski banyak caleg pendatang baru dengan latar belakang artis dan tokoh, dia tak terlalu khawatir. Putri asli Jabar ini yakin, usahanya tidak akan mengkhianati hasil.

“Insya Allah PPP yakin bisa mendapatkan kursi dengan kinerja teman-teman caleg PPP yang terus bergerak untuk mendapatkan suara,” pungkasnya.

Baca juga : Ada 8 Kursi, Sepi Tokoh Beken

Petahana lain yang ikut kontes adalah Acep Adang Ruhiat dari PKB yang pada Pemilu 2019 meraih 92.155 suara. Lalu, Donny Maryadi Oekon dari PDIP yang mampu memperoleh 55.178 suara. Keduanya, sama-sama anggota DPR terpilih dua periode.

Sejumlah partai lain ikut mengusung petahana demi mempertahankan satu kursi dari Dapil Jabar XI. PAN menjagokan Haerudin sebagai caleg terpilih dua periode dan Demokrat dengan Siti Mufattahah.

Sementara, caleg Golkar, Ferdiansyah yang sudah lima periode menjadi anggota DPR dari dapil ini, tidak mau menganggap enteng lawan-lawannya. Anggota Komisi X DPR ini menegaskan, tetap butuh sosialisasi kepada masyarakat agar elektabilitasnya meningkat.

“Lawan nggak ada yang enteng, semua berat. Makanya kita sering turun, jangan merasa hebat dan merasa sombong,” ungkapnya, kepada Rakyat Merdeka, Jumat (17/11/2023).

Saat ini, politisi kelahiran 24 Agustus 1965 tersebut sedang melakukan kegiatan bersama warga dapilnya. Dia mengatakan, terjun ke lapangan merupakan salah satu cara mempertahankan kemenangan.

Baca juga : Ada 2 Eks Menteri, Herman Maju Tak Gentar

“Intinya turun ke bawah, mengingatkan kepada masyarakat apa yang sudah kita perbuat. Mudah-mudahan rakyat masih ingat ke saya. Dan sosialisasi rutin bagi yang belum kenal. Termasuk banyak berbuat kepada warga,” pungkasnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai, Dapil Jabar XI terbilang berat untuk ditaklukkan caleg pendatang baru. Sebab, di 2019, mereka yang terpilih mayoritas adalah wajah lama.

Ia mengatakan, caleg pendatang baru harus berusaha keras dan mati-matian untuk mengalahkan caleg petahana dan artis yang sudah punya nama. Tapi, yang paling penting, mengalahkan figur-figur di internal partai sendiri sebelum berpikir untuk menang melawan caleg partai lain.

“Makanya saya bilang dapil ini terbilang berat, karena banyak diisi caleg yang punya modal, jabatan, dan popularitas,” ucapnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Sabtu (18/11), dengan judul “Dapil Jabar XI Bertabur Artis, Ada Juga Istri Menteri”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.