Dark/Light Mode

Praka: Gen Z Harus Berparsitipasi Aktif dalam Membangun Negeri

Jumat, 3 November 2023 09:02 WIB
Ketua Umum Praka, Osco Olfriady Letunggamu (kiri), menyerahkan Pataka Praka kepada Ketua Praka Kepulauan Riau, Yoni Fathoni, dalam pengukuhan Praka Kepulauan Riau, di Batam, Rabu (1/11). (Foto: Istimewa).
Ketua Umum Praka, Osco Olfriady Letunggamu (kiri), menyerahkan Pataka Praka kepada Ketua Praka Kepulauan Riau, Yoni Fathoni, dalam pengukuhan Praka Kepulauan Riau, di Batam, Rabu (1/11). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi muda Indonesia, terutama Gen Z, diingatkan agar tidak mudah menyerah dan berparsitipasi aktif dalam membangun negeri. Pesan itu disampaikan Ketua Umum Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Praka), Osco Olfriady Letunggamu.

“Praka memegang teguh pemikiran Bung Karno yang memberi spirit kepada generasi muda agar menjadi orang muda nasionalis, progresif, dan revolusioner,” kata Osco, dalam pengukuhan Praka Kepulauan Riau (Kepri), di King’s Hotel, Batam, Rabu (1/11) malam.

Dalam sambutannya, Osco mejelaskan, Praka berasal dari kata Pro dan Raka. Pro berarti memihak atau mendukung dan Raka dalam Bahasa Jawa bermakna kakak laki-laki.

“Pro Raka berarti kita mendukung kakak kita yang sedang ikut dalam kontestasi Pilpres 2024. Praka mempunyai makna sebagai wadah anak muda berkumpul dan bersatu dalam gagasan, pemikiran serta gerakan yang penuh dengan kreativitas dan keterampilan,” ujarnya.

Baca juga : Pakar Sarankan Kasus Korupsi Didahulukan Ketimbang Soal Pemerasan

Pengukuhan Praka Kepri ditandai dengan penyerahan Pataka Praka dari Osco kepada Ketua Praka Kepri, Yoni Fathoni. Usai penyerahan pataka, Praka Kepri mendeklarasikan dukung terhadap Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres pada Pemilu 2024.

Acara dihadiri sejumlah calon anggota legislatif dari partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Ketua Panitia Pelaksana, Indra Saputra, mengatakan anak muda yang hadir memperlihatkan antusiasme yang tinggi. Tercatat ada 12 pertanyaan yang diajukan hadirin kepada pengurus Praka.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal Praka, Dafi Rismantyo Nugroho, mengatakan bahwa Gibran sebagai sosok muda yang mewakili angkatan muda mempunyai tenaga, waktu, dan aktualisasi terhadap perkembangan teknologi yang sangat pesat. “Mas Gibran pastinya akan menjadi support system bagi Pak Prabowo dalam memberdayakan dengan maksimal potensi angkatan produktif bangsa Indonesia,” kata Dafi.

Cicit Jenderal Besar Sudirman dan AH Nasution ini berharap, Praka Kepri dapat merangkul generasi Z, yang sering apatis terhadap dunia Politik. 

Baca juga : Pancasila Berperan Mengatasi Ketegangan Politik

Meski Praka baru lahir pada Oktober lalu, Osco mengatakan, kelompok relawan ini sudah terbentuk di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Secara struktur organisasi, Praka mirip dengan partai tapi bukan partai. Kemiripan ini karena sebagian pengurus Praka terafiliasi dengan partai politik.

“Target kami, Praka tidak hanya terbentuk di Indonesia saja. Bahkan, saat ini Praka sudah terbentuk di Singapura dan Jerman. Dalam waktu dekat juga akan terbentuk Praka di Australia dan Amerika,” kata Osco.

Praka lahir untuk menjadi wadah anak muda untuk mengekspresikan diri dalam menyampaikan ide, gagasan, kreativitas, dan harus mempunyai implementasi atas semua ide dan gagasan tersebut. “Praka hadir untuk mewakili anak-anak muda untuk Indonesia yang lebih maju di masa yang akan datang,” kata Osco.

Kepada Praka Kepri, Osco berpesan agar kelompok relawan ini menjalin tali silaturahim dan komunikasi dengan tokoh lintas agama. Hal ini dilakukan supaya pada saat anak-anak muda menyampaikan idealisme pemikirannya tidak bertentangan dengan norma-norma agama dan kebudayaan. Agama merupakan pondasi dalam bernegara sehingga kita semua sama-sama mempunyai ikhtiar dan akhlak yang baik. 

Baca juga : Hentikan Kebiadaban Israel

“Jadi bukan mentang-mentang kita ini muda yang penuh dengan semangat hingga melupakan norma-norma agama yang berlaku di masyarakat. Dan, yang perlu harus diingat bahwa agama itu adalah dasar dari kehidupan,” pesannya.

Ketua Praka Kepri, Yoni Fathoni, berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin organisasi ini. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan ini. Dan, semoga saya bisa amanah dalam menjalankan dan membesarkan Praka di Provinsi Kepri yang kita cintai ini,” kata Yoni.

Dia mengatakan, langkah awal yang akan dilakukannya ialah melakukan konsolidasi untuk pembentukan pengurus di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Kepri. Setelah pengurus di tujuh kabupaten dan kota terbentuk, pihaknya akan menyamakan persepsi untuk fokus kepada kemenangan Prabowo-Gibran di Kepri. “Target kami Bapak Prabowo dan Mas Gibran bisa menang di Kepri,” ujar Yoni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.