Dark/Light Mode

Dapil Jateng IV

Putri Puan Diharapkan Gondol Kursi Ke-5

Rabu, 22 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jateng IV Putri Puan Diharapkan Gondol Kursi Ke-5

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Jawa Tengah (Jateng) IV selama ini menjadi kandang PDIP. Tercatat, dari tujuh kursi yang tersedia, kader banteng mendapatkan empat kursi pada Pileg 2019. Pada Pemilu kali ini, PDIP menargetkan jumlah kursinya di DPR bertambah.

Untuk menambah jumlah kursinya di dapil yang meliputi Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Wonogiri, PDIP memasang putri Ketua DPR Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari. Diah dipasang di nomor urut 1 di dapil ini.

Baca juga : Dapil Jateng III, Perang Bintang Tersaji di Kandang Banteng

Meski begitu, target PDIP itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Mengingat para penantang di dapil ini bukanlah orang-orang sembarangan. Para caleg yang berkontestasi di Dapil Jateng IV memiliki reputasi mentereng. Sebut saja mantan Wakil Ketua DPR dan mantan Bupati Karanganyar.

Ada tujuh politisi yang berhasil lolos dari dapil ini. Empat di antaranya merupakan kader PDIP: Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Agustina Wilujeng Pramestuti, Paryono, dan Dolfie OFP. Sisanya berhasil diamankan Luluk Nur Hamidah dari PKB, Endang Maria Astuti dari Partai Golkar, dan Hamid Noor Yasin dari PKS.

Baca juga : Kesaktian Banteng Diuji Manuver Gibran

Melihat gelagat PDIP, ketiga partai pemenang di dapil ini tak mau suaranya terkikis. Selain Luluk, PKB menempatkan Mohamad Sofwan yang saat ini merupakan asisten pribadinya Kiai Said Aqil Siradj. Begitu juga dengan Golkar, yang memasang mantan Bupati Karanganyar Juliyatmono. Sementara di kubu PKS, tak ada perubahan berarti.

Partai lainnya juga terus berupaya menempatkan caleg yang tepat untuk mendongkel dominasi PDIP. Sebut saja PAN yang memajukan mantan wakil ketua DPR Priyo Budi Santoso dan Ketua DPW PAN Jateng Sunarmin. Sementara Partai Demokrat, menaruh Rinto Subekti yang merupakan anggota DPR periode 2009-2014.

Baca juga : Kabupaten PPU Resmikan Perpustakaan, Diharapkan Tingkatkan Literasi Warga IKN

Sedangkan Partai Gerindra memajukan Sriyanto Saputro yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Jateng. Partai Nasdem memajukan Wakil Sekretaris Jenderalnya Dedy Ramanta. Sementara PPP mencoba peruntungan dengan memajukan Arif Rachman Hakim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.