Dark/Light Mode

Dapil Jateng V

Puan Tak Terkalahkan, Istri Giring Coba Peruntungan

Kamis, 23 November 2023 08:00 WIB
Dapil Jateng V Puan Tak Terkalahkan, Istri Giring Coba Peruntungan

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan Jawa Tengah V selama ini dikenal sebagai kandang Banteng. Dari 8 kursi DPR yang diperebutkan, PDIP berhasil menghantarkan 3 kadernya ke Senayan. Di Pemilu 2024, dominasi Banteng coba digoyang oleh para mantan bupati dan wali kota yang maju sebagai caleg pendatang baru.

Pada Pemilu 2019, ada 3 wakil PDIP yang berhasil duduk di Senayan. Pertama, Puan Maharani, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP. Bahkan suara Puan lewat dapil tersebut memecah rekor tertinggi nasional menembus angka 400 ribuan. Selain Puan, Aria Bima dan Rahmad Handoyono juga lolos dari dapil tersebut. Ketiganya, kembali maju dari dapil yang sama.

Selain 3 dari PDIP, 4 caleg petahana dari partai lain juga kembali maju. Mereka adalah Mohammad Toha dari PKB, Singgih Januratmoko (Golkar), Eva Yuliana (NasDem) dan Abdul Kharis Almasyhari (PKS).

Baca juga : BNPT Harap Guru Jadi Agen Pencegah Radikal Terorisme di Sekolah dan Lingkungan

Di Pemilu 2024 ini, ke-7 caleg petahana dari dapil yang meliputi empat daerah di Soloraya yaitu Kota Solo, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali itu mendapat lawan-lawan top. Para pendatang baru berasal dari elite partai, artis, hingga mantan kepala daerah.

Antara lain mantan Bupati Sukoharjo, Bambang Riyanto yang maju lewat Gerindra. Lalu partai besutan Prabowo Subianto itu juga memberikan tiket nyaleg kepada mantan pejabat di Pemkab Sukoharjo, A.A.B. Haryanto.

Di Golkar, ada Endang Srikarti Handayani yang tidak asing dengan wangi Senayan. Dia pernah duduk sebagai anggota dewan periode 2014-2019. Selain Endang, Beringin juga memplot advokat Hendry Indraguna, yang belakangan menurut hitungan lembaga survei bakal lolos ke Senayan.

Baca juga : Putri Puan Diharapkan Gondol Kursi Ke-5

Sementara, dari PAN terdapat sejumlah nama senior seperti Muhammad Hatta, Umar Hasyim, hingga mantan calon Wakil Bupati Sukoharjo Wiwaha Aji Santosa. Terdapat pula mantan calon Bupati Klaten, One Krisnata yang maju dari Demokrat.

Kemudian ada istri Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Cynthia Riza dari PSI. Ada juga kerabat Keraton Solo, G.K.R. Ayu Koes Indriyah yang maju dari Perindo.

Menanggapi banyak nama baru yang muncul Abdul Kharis Almasyhari dari PKS mengaku tak gentar. Caleg petahana dari PKS ini optimis, kursi DPR dari partainya tidak akan berpindah ke partai lain.

Baca juga : Dapil Jateng III, Perang Bintang Tersaji di Kandang Banteng

“PKS menargetkan dapat mempertahankan satu kursi, nggak target tambah jadi dua kursi,” ucap Kharis saat dihubungi Rakyat Merdeka, Rabu (22/11/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.