Dark/Light Mode

Dapil Jatim VII

Kursi Ibas Dan Johan Budi Diincar Eks Bupati

Minggu, 10 Desember 2023 08:10 WIB
Dapil Jatim VII Kursi Ibas Dan Johan Budi Diincar Eks Bupati

 Sebelumnya 
Selain PDIP, PPP juga menempatkan mantan kepala daerah di Dapil Jatim VII ini, yakni Mundjidah Wahab. Eks Bupati Jombang ini diutus PPP agar bisa pecah telur. Bahkan, Mundjidah diberikan nomor urut satu oleh partai berlambang Ka’bah itu.

Sama seperti PPP, PAN dan PKS juga berupaya mengutus kader terbaiknya di dapil ini agar bisa memecah kebuntuan di Pileg 2019 lalu yang tanpa perwakilan. PAN menurunkan kadernya Basuki Babussalam pada nomor urut satu. PKS mempercayakan nomor urut satu pada pensiunan jenderal polisi, sekaligus mantan Duta Besar Indonesia Untuk Rumania, Muhammad Amhar Azeth.

Baca juga : Dua Cucu Soekarno Bersaing Masuk Senayan

Seperti apa petahana melihat kekuatan di dapil ini? Petahana dari Demokrat, Sartono Hutomo tidak khawatir dengan kemunculan nama baru yang punya nama populer di kalangan masyarakat lokal. “Berdasarkan survei untuk DPR tidak jauh beda dengan 2019 lah. Namun mungkin lebih baik dari 2019,” kata Sartono kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (9/12/2023).

Terpenting, dirinya terus bekerja keras merawat konstituennya demi kembali dipercaya menjadi anggota dewan. “Dalam beberapa kali survei, Demokrat dalam posisi bagus. Kami termasuk dengan Mas Ibas lima tahun ketemu masyarakat. Jadi bukan pas kampanye doang. Saya pikir banyak suara kami di dapil ini,” tambahnya.

Baca juga : Kursi PDIP Diincar Dokter Dan Pembalap

Lebih lanjut, Anggota Komisi VII itu berharap Demokrat bisa menambah kursi dari dapil ini. Sebab, di dapil ini jaringan dan suara Demokrat sangat dipertimbangkan. “Kalau kita lihat dari hasil survei ada harapan ke sana (tambah kursi),” akunya.

Sementara, Pengamat Politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan menilai, di dapil ini rekan sesama partai akan saling sikut. Hal itu ditandai dari latar belakang tokoh yang maju. “Mengingat kursinya terbatas, persaingan di dapil ini bukan hanya antar-partai, melainkan juga antar-tokoh di dalam partai. Karena itu, persaingannya juga akan ketat,” tukas Kacung.

Baca juga : Kursi Petahana Diincar Para Milenial

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 10/12/2023 dengan judul Dapil Jatim VII, Kursi Ibas Dan Johan Budi Diincar Eks Bupati

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.