Dark/Light Mode

Tanggapi Ide 40 Kota Selevel Jakarta, Gibran: Gus Muhaimin Ini Agak Aneh Ya...

Jumat, 22 Desember 2023 20:50 WIB
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (kanan), saat menanggapi Cawapres 01 Abdul Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: YouTube)
Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka (kanan), saat menanggapi Cawapres 01 Abdul Muhaimin Iskandar dalam Debat Cawapres di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka menyindir Cawapres 01 Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang mengungkap keinginan untuk membangun 40 kota selevel Jakarta, jika kelak menang Pilpres 2024 bersama Capres Anies Baswedan. 

“Gus Muhaimin ini agak aneh ya. Pingin bangun kota selevel Jakarta, tapi nggak setuju sama Ibu Kota Nusantara (IKN). Tapi ya monggo lah ya, nggak apa-apa," kata Gibran saat menanggapi pandangan Cak Imin tentang isu perkotaan dalam acara Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). 

Untuk isu perkotaan, Gibran menekankan pentingnya perhatian pada masalah transportasi umum. Menurutnya,  keamanan dan kenyamanan transportasi umum itu harus. Terutama, bagi kaum disabilitas, lansia, dan anak-anak.

Baca juga : Cuaca Besok, Kamis Di Jakarta, Apakah Panas Atau Hujan? Ini Prakiraan BMKG

"Kita pastikan, transportasi umum ini ada digitalisasinya. Sekarang kan sudah ada Teman Bus (aplikasi untuk pengguna angkutan umum di Yogyakarta, Solo, Bali, Medan, dan Palembang, Red), ini harus direplikasi di beberapa kota. Di kota-kota kecil, kita pakai skema buy the service. Sehingga, masyarakat bisa mencoba menggunakan transportasi umum secara gratis," papar Gibran, yang saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Sementara untuk masalah perkotaan yang kumuh, Cak Imin menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan swasta.

40 Kota Besar Selevel Jakarta

Cawapres 01 Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan pentingnya pembangunan 40 kota besar seperti Jakarta, saat memaparkan pandangannya terkait isu perkotaan dalam Debat Cawapres di JCC Senayan Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. 

Baca juga : Gibran: Saya Ini Kan Cuma Anak Ingusan

“Kami memiliki satu tekad, dalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel Jakarta, dengan kemampuan menampung jumlah penduduk, memberikan sarana dan prasarana yang memadai, sekaligus kemampuan menjaga lingkungan hidup agar tetap sehat," beber Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang malam itu tampil dengan setelan jelas warna hitam, kemeja putih, dan peci hitam. 

Menurutnya, pembangunan perkotaan harus bisa memberikan kenyamanan bagi seluruh penduduk. Letak perumahan, mesti diupayakan tidak terlalu jauh dari pusat pekerjaan atau perkantoran. Akses pendidikan, bisa dijangkau masyarakat. 

Terkait instrumen fiskal khusus untuk mengatasi masalah perkotaan, Cak Imin menuturkan, kita harus pandai mengambil prioritas. Sedangkan untuk pendanaannya, Cak Imin menekankan pentingnya upaya melibatkan investasi swasta. 

Baca juga : Gugatan Hakim Agung Kandas

"Bukan setuju atau tidak setuju IKN. Yang paling penting, prioritas pemerataan dan keadilan agar terbangun kota-kota," cetus Cak Imin. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.