Dark/Light Mode

Dapil Aceh II

Raja Senayan Bertemu Raja Kampung

Rabu, 27 Desember 2023 07:50 WIB
Dapil Aceh II Raja Senayan Bertemu Raja Kampung

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu Legislatif 2024 untuk Dapil Aceh II akan mempertemukan ‘raja-raja’ Senayan vs ‘raja-raja’ daerah. Sejumlah politisi yang sudah beberapa periode duduk di DPR, bakal digoyang kekuatannya oleh pendatang baru yang merupakan bekas penguasa daerah.

Dapil Aceh II meliputi delapan kabupaten/kota. Yakni Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Tengah sangat sengit. Dapil yang terdiri dari 113 kecamatan, 2.849 desa dan kelurahan, 7.411 Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu hanya menyediakan 6 kursi DPR.

Baca juga : Soal Candaan Zulhas, Wakil Ketua MUI Ajak Semua Pihak Bertabayun

Pada Pemilu 2019, 6 kursi DPR diraih oleh 6 partai berbeda. Artinya, tidak ada partai yang dominan pada dapil Serambi Mekah ini. Adapun keenam petahana yang dimaksud adalah Muslim dari Partai Demokrat, Ruslan M Daud dari PKB, Nasir Djamil dari PKS, Anwar Idris dari PPP, TA Khalid dari Partai Gerindra, dan Ilham Pangestu dari Partai Golkar.

Dari enam petahana yang ada, semuanya mendapat nomor urut 1 melalui masing-masing partainya. Dari 6 petahana itu, ada beberapa nama yang sudah lama duduk di Senayan. Misalnya Muslim dari Partai Demokrat, tercatat sudah 3 kali duduk di DPR. Bahkan, Nasir Djamil dari PKS diketahui akan maju kembali untuk yang ke-6 kalinya dari dapil tersebut.

Baca juga : Bintang 3 Perang Dengan Bintang 2

Meskipun sudah beberapa kali lolos ke DPR, para petahana itu akan mendapat penantang yang bukan kaleng-kaleng. Terdapat sejumlah nama-nama beken yang pernah menjadi kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota. Sebut saja mantan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dan mantan Wali Kota Banda Aminullah Usman yang maju melalui PAN.

Penantang yang memiliki nama besar lainnya adalah Nasaruddin, mantan Bupati Aceh Tengah yang maju melalui Partai Nasdem. Partai yang dinakhodai Surya Paloh ini juga mengincar II kursi dari Dapil Aceh II dengan memplot mantan Gubernur Aceh, yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPD, Abdullah Puteh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.