Dark/Light Mode

02 Teratas, 01 dan 03 Menyusul

Jawa Timur Kunci Kemenangan Pilpres

Sabtu, 6 Januari 2024 08:27 WIB
Dari kiri: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Dari kiri: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jawa Timur akan menjadi salah satu daerah kunci di Pilpres 2024. Kemenangan di Jawa Timur akan membantu pasangan Capres-Cawapres melenggang ke Istana. Untuk saat ini, Capres-Cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul di Jawa Timur. Sedangkan Capres-Cawapres 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Capres-Cawapres 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menyusul di bawah 02.

Hal itu tergambar dari survei terbaru yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) di Jawa Timur. Survei ini dilakukan pada 16-28 Desember 2023 dengan sampel sebanyak 8.800 responden di Jawa Timur. Pencuplikan sampel dilakukan melalui teknik multistage random sampling dengan margin of error plus minus 1,1 persen dan tingkat kepercayaan di angka 95 persen.

Hasilnya, Prabowo-Gibran menempati urutan pertama dengan elektabilitas 46,7 persen. Di urutan kedua diduduki Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 26,6 persen. Sementara Anies-Muhaimin tertinggal di posisi ketiga dengan 16,2 persen. Sisanya, ada 10,4 responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab.

“Prabowo-Gibran berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau Pemilu Presiden diadakan pada saat survei dilakukan,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat menyampaikan hasil survei melalui YouTube LSI, Jumat (5/1/2024).

Survei LSI juga menemukan bahwa Prabowo menjadi top of mind Capres pilihan responden di Jawa Timur, dengan angka 39 persen. Ganjar ada di posisi kedua dengan 22,2 persen dan Anies di urutan terakhir dengan 14 persen.

Baca juga : 02 Percaya 1 Putaran, 01 dan 03 Yakin 2 Putaran

Namun, menurut Djayadi, ada cukup banyak responden yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab top of mind capres pilihan mereka, yaitu 19,9 persen. Sehingga, posisinya bisa saja berubah.

Meski bersifat lokal, survei ini juga bisa menjadi acuan elektabilitas segera nasional. Melihat hasil survei yang menunjukkan tidak ada satu pun pasangan calon yang meraih elektabilitas di atas 50 persen, Djayadi menilai Pilpres 2024 berpotensi berlangsung dua putaran. “Diperkirakan yang masuk ke putaran kedua untuk sementara ini adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur,” ujarnya.

Menanggapi hasil survei ini, Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin (AMIN), Abdul Rochim, menyatakan menghormatinya. Dia bilang, hasil survei LSI dan lembaga lain merupakan salah satu indikator perkembangan politik terkini. 

Namun, dia menekankan, hasil survei sering berbeda-beda. Terkadang, ada yang menempatkan AMIN di urutan terakhir, terkadang di urutan kedua, dan ada pula yang menempatkan hampir setara paslon nomor urut dua.

“Jadi, terkait hasil survei, tidak membuat kita risau, karena dari awal selalu menempatkan kami di posisi buncit. Namun, hal itu tidak mengendurkan semangat pasangan AMIN,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, Jumat malam (5/1/2024).

Baca juga : Waskita Kurangi Beban Keuangan Perusahaan

Sementara, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi, mengaku optimis bakal meraih kemenangan di wilayah Jatim. Dia pede, elektabilitas Prabowo-Gibran bakal semakin naik. Alasannya, banyak tokoh-tokoh besar di Jawa Timur yang memberikan dukungan.

“Seperti Pak Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Khofifah Indar Parawansa, Pakde Karwo, hingga kiai ternama di Jawa Timur mendukung Prabowo-Gibran,” ucapnya, saat dikontak Rakyat Merdeka, Jumat malam (5/1/2024).

Wakil Ketua Umum PAN ini menambahkan, banyak masyarakat Jawa Timur yang sudah mengenal dan menerima profil Prabowo-Gibran. Secara kultur politik, mereka menyukai Prabowo-Gibran.

Ditambah lagi, kata Viva, basis Koalisi Indonesia Maju (KIM) terus bergerak bersama. “Jadi sangat wajar jika 02 menjadi juara satu,” pungkasnya.

Sedangkan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Ike Julies Tiati, menyatakan, tak terpengaruh hasil survei yang dirilis lembaga-lembaga survei selama ini. “Kami sendiri ada survei internal yang menjadi indikator kami,” ungkapnya, kepada Rakyat Merdeka, Jumat malam (5/1/2024).

Baca juga : Hensat: PDIP, Gerindra Dan PKB Akan Jadi Pemenang Pemilu

Juru Bicara Nasional Partai Perindo ini menjelaskan, secara nasional, elektabilitas 02 dan 03 tidak terpaut berbeda. Oleh karena itu, pihaknya optimis dalam sisa waktu Ganjar-Mahfud bisa mengungguli kandidat lain. Apalagi, kesempatan masih terbuka, karena belum ada paslon yang meraih elektabilitas di atas 50 persen.

“Intinya, di sisa waktu ini, kami tidak akan terpaku pada survei saja. Yang penting bagaimana terjun langsung ke masyarakat sampai ke akar rumput. Semua bekerja mulai dari TPN, TPD, kader, relawan, sampai simpatisan untuk memenangkan Ganjar-Mahfud,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Sabtu (6/1), dengan judul “02 Teratas, 01 & 03 Menyusul, Jawa Timur Kunci Kemenangan Pilpres”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.