Dark/Light Mode

Dapil Kalbar II: Kursinya Cuma 4, yang Ngincer Gajah-gajah

Kamis, 18 Januari 2024 08:28 WIB
Adu kuat Caleg/Ilustrasi (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg/Ilustrasi (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Daerah) Kalimantan Barat (Kalbar) II, yang meliputi Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Melawi, termasuk dapil dengan kuota kecil. Hanya empat kursi DPR. Meski demikian, parpol-parpol tetap all out untuk meraih kursi di dapil ini. Total, ada 67 Caleg dari 18 partai yang memperebutkan empat kursi di Dapil Kalbar II di Pemilu 2024.

Di Pileg 2019, PDIP berjaya di dapil ini dengan merebut dua kursi, yang diraih Lasarus dan Krisantus Kurniawan. Golkar mendapat satu kursi dengan Adrianus Asia Golkar. Satu kursi sisa diraih Yessy Melania dari NasDem.

Di Pileg 2024, para petahana ini maju kembali. Mereka akan bertarung dengan penantang baru berupa “gajah-gajah” yang kuat dari berbagai macam latar belakang. Termasuk publik figur, seperti aktris Teuku Rian Rezky Hamzah. Rian maju dari Golkar, dengan nomor urut dua, menguntit petahana, Adrianus di urutan pertama. 

Baca juga : Dapil Kalbar I: Semua Kuat, Pertarungan Bakal Sengit

Nama beken lain yang menjadi penantang adalah Yansen Akun Effendy. Mantan Bupati Sanggau itu maju lewat PKB nomor urut satu. 

Lalu, ada nama mantan Bupati Sanggau Paolus Hadi. Hadi cukup potensial menggoyang petahana. Sebab, dia mendapat nomor urut 2.

Kemudian, ada mantan Bupati Kapuas Hulu sekaligus Ketua DPW PPP Kalbar, Abang Muhammad Nasir. Dengan maju di nomor urut satu, Abang diprediksi akan menjadi penantang tangguh bagi para petahana.

Baca juga : Hasil Piala Asia: Australia Menang, China Ditahan Tajikistan

Di samping itu, dapil ini juga tergolong ketat lantaran kehadiran anggota DPRD yang mencoba keberuntungan ke Senayan. Misalnya Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny, yang maju dari NasDem. Anggota Dewan termuda se-Kalimantan Barat ini telah bergerak merebut hati konstituen. Sudah ada lima posko kemenangan yang dibangunnya di seluruh dapil. "Saya pastikan tidak akan mengecewakan masyarakat di dapil saya," kata Ronny. 

Selain itu, dia juga bakal membuat program yang bertujuan memajukan lima daerah di Dapil Kalbar II. "Bedah rumah, PAM, pembangunan ruas-ruas jalan menjadi poin utama untuk dapil saya," lanjutnya.

Dari sisi petahana, Lasarus optimis bakal tetap bertahan di Senayan. Ketua Komisi V DPR itu mengklaim telah melakukan banyak hal positif untuk masyarakat di dapilnya. "Modal kita kerja nyata, memberi bukti bukan janji, sering turun ke bawah dan dekat dengan akar rumput," jelas Lasarus, Rabu (17/1/2024).

Baca juga : Dapil Jambi, Kursi Petahana Digoyang Raja-raja Daerah

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (18/1), dengan judul “Dapil Kalbar II: Kursinya Cuma 4, yang Ngincer Gajah-gajah".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.