Dark/Light Mode

Bawaslu Terpaksa Lewati UU

Duh, Belasan Ribu TPS Belum Punya Pengawas

Kamis, 18 Januari 2024 06:45 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Antara)
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Salah satu daerah yang belum me­menuhi kuota pengawas TPS adalah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Padahal proses rekrutmen telah dilakukan sebanyak dua kali dengan adanya waktu perpanjangan.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kalteng Kristaten Jon mengungkapkan, syarat batas usia menjadi salah satu ken­dala belum terpenuhinya kuota pengawas di ratusan TPS di Kalteng.

“Hingga saat ini masih ada 307 TPS yang tanpa pengawas dari total keselu­ruhan 7.830 TPS,” ungkap Jon.

Baca juga : Masyarakat Kepulauan Riau Beri Nilai 100 untuk Prabowo

Ke-10 kabupaten yang belum terpenuhi, yakni Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Murung Raya, Seruyan dan Pulang Pisau.

Menurut Jon, selain terhalang syarat minimal usia dan pendidikan, Bawaslu Kalteng juga menghadapi beberapa kendala lain. Seperti, terjadinya konflik antarwarga atau kelompok.

“Seperti (daerah) Seruyan, pasca konflik kemarin itu peminatnya rendah. Mungkin ada kekhawatiran tersendiri un­tuk daftar menjadi pengawas TPS. Selain itu, karena tingkat kesibukan masyarakat yang tinggi,” ungkap Jon.

Baca juga : PPP Kota Bekasi Bakal PAW Caleg Pengkhianat

Untuk diketahui, pelantikan pengawas TPS dijadwalkan tanggal 22 Januari mendatang. Apabila setelah tanggal tersebut masih terdapat TPS yang tanpa pengawas, maka Bawaslu akan kembali membuka pendaftaran khusus pada awal Februari 2024.

“Pendaftaran khusus masih digodok oleh Bawaslu. Kami akan lantik yang ada dulu pada tanggal 22 Januari. Sisanya mungkin akan kami buka perekrutan kembali awal Februari,” katanya.

Jon menambahkan, faktor lain yang menyebabkan belum terpenuhinya kuota pengawas TPS di Kalteng adalah karena rendahnya intensif atau honor bagi pengawas TPS.

Baca juga : Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi, Bandara Frans Seda Maumere Ditutup Sementara

“Honor yang disediakan bagi pengawas sekitar Rp 750 ribu–1 juta, dirasa sesuai saja,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 18/1/2024 dengan judul Bawaslu Terpaksa Lewati UU, Duh, Belasan Ribu TPS Belum Punya Pengawas  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.