Dark/Light Mode

KPU Mau Tanya PPLN Dan Panwaslu LN

Nah Lho...Surat Suara Di Taiwan Sudah Bolong

Minggu, 21 Januari 2024 06:45 WIB
Surat suara yang bolong.
Surat suara yang bolong.

RM.id  Rakyat Merdeka - Beredar video viral di media sosial (medsos) surat suara via pos telah tercoblos alias sudah bolong di Taiwan pada Jumat (19/1/2024). Lubangnya ada pada gambar capres-cawapres nomor urut 3 dan caleg dari PDIP.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan klarifikasi ke­pada Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Luar Negeri.

Baca juga : Gibran Memukau di Debat Cawapres, Luhut: Telah Lahir Pemimpin Muda Berkualitas

“Nanti hasilnya akan dilaporkan oleh PPLN dan Panwaslu. Dan hasilnya akan kami rilis kepada media setelah proses pe­nelusuran selesai,” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Hasyim menegaskan, penelusuran akan langsung dilakukan ke pemilih terkait, sehingga, KPU belum bisa memastikan kebenaran dugaan bahwa surat suara sudah tercoblos lebih dulu atau tidak.

Baca juga : PLN Dorong Inovasi dan Pengembangan Usaha Produktif Era Digital

“Apabila surat suara tercoblos saat masih berada dalam amplop, KPU akan mengkategorikannya sebagai surat suara rusak. Surat suara tersebut akan segera diganti dengan yang baru,” jelas Hasyim.

Dia menjelaskan, metode pencoblosan untuk pemilu luar negeri melibatkan pengiri­man amplop dari PPLN yang berisi surat suara kepada para pemilih. Setelah pemilih mencoblos, surat suara tersebut akan dikirim kembali oleh pemilih ke alamat yang telah ditentukan oleh KPU pada amplop.

Baca juga : Algoritma: Tantangan KPU Dan Bawaslu Amat Berat Di Pemilu 2024

“Tapi jika memang benar bahwa surat suara sudah tercoblos, itu metode pos,” jelas Hasyim.

Bagaimana tanggapan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud? Deputi Kanal Media TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Karaniya Dharmasaputra memastikan hal tersebut bukan dilakukan oleh pihak Ganjar-Mahfud. “Kami pertegas, kami su­dah mengecek, tidak ada satu pun dari pihak Ganjar-Mahfud lakukan pencoblosan,” kata Karaniya di Jakarta, Jumat (19/1/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.