Dark/Light Mode

Alam Ganjar Ajak Generasi Muda Yogyakarta Semakin Kreatif Dan Inovatif

Senin, 22 Januari 2024 20:19 WIB
Kegiatan Cerita Kita Ngobrol Apa di Jogja yang diselenggarakan oleh Generasi Kita di Defreshco Coffee  Bistro Jogja, Kabupaten Sleman, DIY, Senin (22/1/2024). (Foto: Ist)
Kegiatan Cerita Kita Ngobrol Apa di Jogja yang diselenggarakan oleh Generasi Kita di Defreshco Coffee Bistro Jogja, Kabupaten Sleman, DIY, Senin (22/1/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammad Zinedine Alam Ganjar menceritakan pengalamannya selama dirinya mengelola salah satu tim eSports bernama Pigmy Team.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Cerita Kita 'Ngobrol Apa di Jogja' yang diselenggarakan oleh Generasi Kita di Defreshco Coffee & Bistro Jogja, Kabupaten Sleman, DIY, Senin (22/1/2024).

Menurut Alam, industri kreatif di bidang eSports saat ini sudah menjadi ekosistem bisnis yang menguntungkan apabila dikelola secara profesional, banyak pemain eSports yang hidup dan mendapatkan pendapatan dari industri tersebut.

"eSports ini wadah untuk pemain untuk dapatkan penghasilan melalui main game, kebetulan kalau Pigmy jenis game yang dikelolanya itu baru PUBG," kata Alam.

Baca juga : Masyarakat Yogyakarta Padati Jalan, Antusias Sambut Prabowo-Gibran

Selama proses pengembangan tim eSports miliknya, Alam mengaku memperoleh banyak hambatan. Namun dirinya senantiasa konsisten menjalakan industri tersebut dan banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak.

"Jalan Tuhan kasih saya melalui kakak tingkat yang ngikut di organisasi, akhirnya kita develop salah satu kontingen dari Jawa Tengah. Itu kita dapet medali perunggu padahal lawannya tim profesional," jelas Alam.

Ditanyai soal apa yang membuat industri tersebut dapat berkembang, Alam menyebutkan ada satu faktor, yakni identitas dalam membangun sebuat brand. 

Untuk itu, Alam menjelaskan bagaimana dalam membangun sebuah usaha Alam menekankan penguatan identitas tersebut. Mengacu kepada dua hal kalau kita butuh kreatifitas di luar batas bagaimana kita bisa mengambil pasar biar gak diambil orang

Baca juga : Ganjar-Mahfud Komitmen Wujudkan Kemandirian Pangan Indonesia

"Kalau di bisnis biasanya selalu mengacu pada dua hal, identitas brand yang kuat dari usaha yang kita miliki sehingga potensial market tidak bingung dan tau kalau mengkonsumsi tempat kita itu apa yang mau di cari," ungkap Alam.

Dengan demikian, Alam mengajak generasi muda untuk turut serta aktif ikut terlibat dalam menebarkan kebermanfaatan melalui penciptaan lapangan pekerjaan.

"Saya tidak akan munafik memiliki previlleg, tapi dari situ saya coba bagaimana previllege itu bisa dimanfaatkan untuk menebar kebermanfaatan buat orang banyak. Saya pun di sini masih belajar untuk membangun itu melalui koneksi dan kolaborasi yang saya miliki saat ini," kata Alam.

Alam sendiri merupakan anak dari Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo yang saat ini tengah aktif berkonsolidasi dalam rangka pemenangan dirinya sebagai presiden RI mendatang.

Baca juga : Ramuan Ganjar Maksimalkan Tekad Anak Muda Majukan Pertanian, Modernisasi!

Dalam visinya, Ganjar terlihat memiliki kepedulian besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi muda Indonesia, salah satu program yang digagasnya adalah internet gratis, cepat dan merata yang baru diresmikan beberapa waktu lalu di Yogyakarta.

Hal tersebut menjadi harapan masa depan bagaimana generasi muda kita terliterasi dan memudahkan mereka untuk mengakses informasi dan konten positif untuk kemajuan generasi muda Indonesia di masa depan.

"Selain keberadaan akses internet, perlu ditopang dengan hal dasar lainnya, yakni infrastruktur yang memadai seperti wadah atau hub anak muda untuk berkumpul. Itu yang harus diupayakan juga keberadaanya," pungkas Alam.

Selain itu, Cerita Kita sendiri menghadirkan beberapa narasumber muda inspiratif seperti Penulis Agus Magelangan, Penulis Perempuan Kathrina Stogmuller dan Influencer Danang Giri Sadewa yang dipandu oleh host Kepala Suku Mojok Phutut EA. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.