Dark/Light Mode

Dapil Kalimantan Timur Jadi Primadona, Diburu 134 Caleg

Selasa, 23 Januari 2024 08:40 WIB
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalimantan Timur (Kaltim) termasuk salah satu Daerah Pemilihan (Dapil) yang gemuk dan luas. Dapil ini meliputi 10 kota/kabupaten, dengan kuota delapan kursi DPR. Di Pemilu 2024, Dapil Kaltim menjadi salah satu primadona, dengan diperebutkan 134 Caleg.

Wilayah Dapil Kaltim meliputi Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Paser, dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di Pileg 2019, Partai Golkar keluar sebagai pemenang dan mengantarkan dua kadernya ke DPR, yakni Rudy Mas'ud dengan 128.910 suara dan Hetifah Sjaifudian dengan 66.487 suara. Keduanya maju maju kembali di Pileg 2024 sebagai petahana. Di internal, mereka juga akan saling sikut dengan nama-nama beken seperti Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Kaltim Syarifah Suraidah dan Sekjen PSSI Yunus Nusi.

PDIP juga mengantarkan dua kadernya ke Senayan dari Dapil ini pada Pileg 2019. Mereka adalah Safaruddin dengan 86.528 suara dan Ismail Thomas 49.174 suara. Pada Pileg kali ini, hanya Safarudin yang maju sebagai petahana karena Ismail Thomas sedang dililit kasus korupsi.

Baca juga : Dapil Kalimantan Utara: Kecil Kuotanya, Besar Gesekannya

Meski begitu, Banteng masih punya kandidat lain untuk mempertahankan jatah kursinya di DPR. Seperti Adri Prasetyo Martowardojo, anak mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Komisi III DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang, dan Ketua Bappilu DPD PDIP Kaltim Andika Hasan.

Lalu, Partai Gerindra, mengantarkan satu kadernya ke Senayan pada Pileg 2019, yakni G Budisatrio Djiwandono. Di Pileg 2024, Budi kembali maju sebagai petahana dan bakal ditantang koleganya yang merupakan putri asli daerah yaitu Etha Rimba Paembonan. Perempuan dengan latar belakang dokter ini merupakan anggota DPRD Bontang dua periode.

PKS, NasDem, dan Demokrat juga masing-masing mengantarkan satu kadernya ke Senayan pada Pileg 2019 dari Dapil Kaltim. Secara berurutan, mereka adalah Aus Hidayat Nur, Awang Faroek Ishak, dan Irwan. Ketiganya juga maju kembali di Pileg 2024.

Sementara, PKB, yang tak mendapatkan kursi di Dapil ini pada Pileg 2019, tetap optimis menatap Pileg 2024. PKB mencalonkan Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Syafruddin sebagai penantang para petahana. 

Baca juga : Dapil Kalimantan Selatan II: Saingannya Kuat, Logistiknya Gede-gede

Syafruddin percaya, PKB bakal mendapat efek ekor jas karena mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024. “Semua modal tersebut memberi keyakinan pada kami untuk mengantarkan PKB merebut kursi DPR dari delapan kursi dapil Kaltim,” ujarnya.

Caleg petahana dari Golkar, Hetifah Sjaifudian, mengungkapkan peta persaingan di Dapil Kaltim antara 2019 dan 2024 sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun, setiap periode Pileg punya tantangan tersendiri. “Tiap periode selalu tidak mudah,” ungkap Hetifah.

Sebagai petahana, strategi utama yang dipakai Hetifah untuk mempertahankan kursi DPR adalah menyebarkan informasi tentang yang telah dilakukan selama menjabat anggota Dewan. Wakil Ketua Komisi X DPR ini mengklaim telah banyak membantu terealisasinya program pemerintah. Mulai dari penyaluran beasiswa, pengangkatan guru honorer menjadi ASN, peningkatan kapasitas SDM pendidik, pengembangan destinasi dan event, dan lain sebagainya.

“Kalau incumbent bicara apa yang sudah dikerjakan, kalau pendatang baru akan bicara kelemahan incumbent. Bagi kami, bekerja secara maksimal saja, sehingga masyarakat bisa menilai apakah yang kita lakukan mendapatkan apresiasi atau tidak. Jadi cara meyakinkan masyarakat adalah dengan bekerja maksimal sesuai amanah, dan biarkan pemilih menilainya,” jelasnya.

Baca juga : Dapil Kalimantan Selatan I: Medan Tempur Garuda Vs Banteng

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (23/1), dengan judul “Dapil Kalimantan Timur Jadi Primadona, Diburu 135 Caleg”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.