Dark/Light Mode

Dapil Gorontalo: 3 Kursi Diincar Suami dan Istri

Senin, 5 Februari 2024 08:11 WIB
Adu kuat Caleg. (Gambar: RM)
Adu kuat Caleg. (Gambar: RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaingan ketat merebut kursi DPR bakal tersaji di Daerah Pemilihan (Dapil) Gorontalo di Pemilu 2024. Pasalnya, di dapil ini hanya tersedia tiga kursi. Sedangkan yang memperebutkan ada 54 Caleg, termasuk tiga petahana.

Di Pileg 2019, tiga politisi yang berhasil melaju ke Senayan dari Dapil Gorontalo adalah Elnino Husein Mohi dari Partai Gerindra, Idah Syahidah Rusli Habibie dari Golkar, dan Rachmat Gobel dari Partai NasDem. Ketiganya maju kembali di Pileg 2024.

Menariknya, terdapat penantang baru dan petahana yang memiliki hubungan keluarga. Mereka adalah Rusli Habibie dan Idah Syahidah Rusli Habibie. Keduanya merupakan pasangan suami istri. Keduanya juga merupakan tokoh Gorontalo yang punya jaringan dan basis massa kuat. 

Rusli Habibie adalah mantan Gubernur Gorontalo dua periode. Sedangkan Idah Syahidah Rusli Habibie adalah Caleg petahana yang mewakili Gorontalo sejak 2019. Keduanya bersaing untuk melenggang ke Senayan dengan kendaraan yang sama, Golkar. 

Baca juga : Gobel: Gorontalo Harus Jadi Provinsi Berkualitas, Jangan Murahan

Selain Rusli dan Idah, Golkar juga mengusung tokoh populer lainnya, yakni Roem Kono. Politisi berusia 70 tahun itu pernah menjabat sebagai anggota DPR periode 2009-2019. Kini, dia menduduki posisi Duta Besar Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina. Hal ini tentunya menjadi modal kuat bagi Roem Kono untuk kembali masuk Senayan. 

Rusli mendapat nomor urut 1, Roem Kono nomor urut 2, dan Idah sebagai petahana mendapat nomor urut 3. Majunya tiga elite Golkar di Dapil Gorontalo ini bukan tanpa sebab. Partai berlambang Beringin itu mengincar lebih dari satu kursi. 

“Kami sangat yakin dan optimis Partai Golkar Gorontalo akan meraih dua kursi DPR. Melihat kader-kader Golkar di masing-masing wilayah begitu bersemangat untuk meraih simpati rakyat,” kata Rusli Habibie. 

Kekuatan Golkar, tambah Ketua DPD Golkar Gorontalo itu, salah satunya adalah soliditas dari semua pelaksana kampanye di masing-masing dapil. Terlebih lagi, konsolidasi serta sosialisasi terus dimaksimalkan untuk meraih kemenangan. 

Baca juga : Mayoritas ke 02, Warga NU Ikut Ulama dan Jokowi

PDIP juga memasang target maksimal di dapil ini. PDIP telah mengevaluasi hasil Pileg 2019, saat tidak ada satu pun Caleg Banteng yang berhasil melaju ke Senayan. Untuk itu, di Pileg 2024 PDIP menempatkan penantang baru dengan nama tenar, yakni Ronny Sianturi.

Ronny Sianturi adalah mantan vokalis Trio Libels. Di tahun 2000-an, nama Ronny sangat populer. Dia rajin nongol di layar televisi sehingga namanya mudah dikenal hingga saat ini. Sekarang, dia mencoba keberuntungan sebagai calon wakil rakyat. 

Melalui PDIP, dia optimis bisa melaju ke Senayan. Hal itu ditandai dari aktivitas kampanyenya yang selalu mendapat antusias luar biasa dari masyarakat Gorontalo. "Paling utama adalah kami mengejar bagaimana suara kami mencapai 30 ribu suara," ucap Ronny. 

Mengenai wilayah yang akan menjadi lumbung suara, Ronnie optimis bahwa Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, serta Bone Bolango akan menyumbang suara signifikan bagi dirinya. "Kota Gorontalo target kami bisa mendapat 25 ribu dan kabupaten lain kami optimis bisa mencapai 10 sampai 15 ribu suara,” ucapnya.

Baca juga : Kursi Petahana Masih Belum Aman

Gerindra tak ketinggalan. Partai besutan Prabowo Subianto ini memasang jagoannya, Elnino M Husein Mohi, yang merupakan petahana, di nomor urut pertama. Elnino ditemani Nurul Syamsu Panna dan Ivana Oktaviani Najoan.

NasDem tetap mengandalkan Rachmat Gobel sebagai peraup suara. Wakil Ketua DPR ini ditemani Rustam HS Akili, dan Winarni D Monoarfa.

Sedangkan PKB memasang Norman Kamaru untuk merebut kursi di Dapil Gorontalo. Norman Kamaru adalah mantan polisi asal Gorontalo yang pernah viral karena lipsync lagu India.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (5/2) dengan judul "Dapil Gorontalo: 3 Kursi Diincar Suami dan Istri".

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.