Dark/Light Mode

Dapil Papua Barat Daya, Muka-muka Lama Kembali Manggung

Minggu, 11 Februari 2024 08:00 WIB
Adu Kuat Caleg. (Gambar: RM)
Adu Kuat Caleg. (Gambar: RM)

 Sebelumnya 
Di bawah Oktasari, tercatat nama politisi Gerindra berdarah Sumatera, Iqbal Mudahar. Kemudian disusul Aminadab Asmuruf. Dari ketiga nama Caleg Gerindra ini, hanya Aminadaf yang merupakan putra daerah Bumi Cendrawasih. Aminadab kelahiran Sorong, Papua Barat Daya.

PAN memasang Koordinator Misi Kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Wilayah Papua dan Papua Barat, Zackya Yahya. Dalam kesempatan ini, Zackya Yahya memutuskan masuk ke politik karena ingin memperjuangkan kepentingan rakyat secara luas.

“Saya ingin perjuangkan nasib rakyat lebih luas lagi tidak pada bidang kesehatan,” ucap dia.

Baca juga : Renanda Bachtar: Semua Sudah Makin Terang Benderang

Dari Dapil Papua Barat Daya, lagi-lagi PAN mengusung seorang tenaga medis. Adalah Feliks Duwit yang dikenal sebagai dokter spesialis penyakit dalam. Kemudian di nomor tiga Caleg PAN Dapil Papua Barat Daya ditempati Hamzah Ibnu.

Demokrat mempercayakan perebutan kursi DPR Dapil Papua Barat Daya kepada Faujia Helga Tampubolon, Muhammad Said, dan Nyataraharja. Latar belakang Muhammad Said adalah Ketua Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Papua Barat Daya.

PPP menyerahkan pertarungan Dapil Papua Barat Daya terhadap Abdul Aziz La Ode, Syahril Wasahua, dan Syahraeni. Pada Pileg 2019 lalu, Syahril sempat mencoba keberuntungan menjadi anggota dewan Dapil Maluku, tapi gagal.

Baca juga : Andi Sinulingga: Itu Jadi Hak Mereka, Namanya juga Politik

Sementara itu, dari parpol koalisi pendukung Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, PKB Guy James Kipuw, Agustinus Biay, dan Christina Ella Yonatan.

Sedangkan PKS menurunkan Kandhi Tilwidani Renleeuw. Politisi bergelar sarjana sosial itu berjanji akan bersikap amanah jika dipercaya menduduki kursi Senayan. “Jangan lupa pilih Caleg PKS. Baik Caleg Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, maupun DPR RI,” ucap dia.

Sama seperti partai lainnya, PKS juga memasang tiga Caleg di dapil ini. Selain Tilwidani, juga terdapat Setiyo Hastiarwo, dan Abdul Karim Wasaraka.

Baca juga : Pencoblosan Di Arab Saudi Duluan, WNI Yang Umrah Hak Pilihnya Hilang

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 11 Februari 2024 dengan judul Dapil Papua Barat Daya, Muka-muka Lama Kembali Manggung

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.