Dark/Light Mode

Gara-gara Petugas Logistik Lalai

KPU Kota Batam Bakal Gelar Pemilu Lanjutan

Kamis, 15 Februari 2024 07:20 WIB
Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi
Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan melakukan Pemilu lanjutan di delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Batam. Pemilu lanjutan dilakukan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, gara-gara kelalaian petugas logistik

Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi menyatakan, pihaknya akan melakukan Pemilu lanjutan di 8 TPS di Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam. Dalam tata kelola kepemiluan, lanjut dia, kelurahan tersebut masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) IV di Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Kepri.

Indrawan menjelaskan, Pemilu lanjutan di delapan TPS di Kelurahan Batu Selicin terjadi karena saat hari H pencoblosan, Rabu (14/2/2024), surat suara pemilihan DPRD Dapil IV di delapan TPS kosong. Menurut dia, persoalan tersebut terjadi lantaran kelalaian petugas logistik.

Baca juga : Pemangkasan Kuota Impor Daging, Apa Sudah Tepat?

“Yang kosong, surat suara DPRD Provinsi Kepri di dapil IV. (Ini karena) kesalahan teknis saat memasukkan logistik. Tapi, kertas suara Presiden, DPD RI, DPR RI dan DPRD kota lengkap,” ujarnya, di Batam, Kepri, Rabu (14/2/2024).

Lebih lanjut, Indrawan mengatakan, pemilihan lanjutan di delapan TPS di keluarahan Batu Selicin akan dilakukan, Sabtu (24/2/2024) atau 10 hari setelah hari H pencoblosan Pemilu. “Jadi, bukan (Pemilu) ulang ya. Kami akan gelar Pemilu lanjutan, khusus surat suara DPRD Provinsi Kepri Dapil IV,” cetusnya.

Dia juga membantah adanya sejumlah surat suara yang sudah tercoblos di TPS 03, Kelurahan Balaoi Indah, Kecamatan Lubuk Baja. Munurut Indrawan, surat suara tersebut bukan sudah tercoblos, tapi masuk kategori rusak. Sehingga, pemilih dapat mengganti kertas suara tersebut dengan surat suara baru.

Baca juga : Pemerintah Perhitungkan Kondisi Pasar Dan Politik

“Benar, ada beberapa surat suara di TPS yang rusak seperti tercoblos. Tapi, hanya ada satu atau dua kertas suara saja di beberapa TPS. Itu diperkirakan (rusak) saat sortir lipat kurang teliti. Dalam ketentuannya, pemilih dapat mengganti surat suara yang masuk kategori rusak itu,” jelasnya.

Terpisah, Komisioner KPU Kota Batam, Bosar Hasibuan membenarkan ketiadaan surat suara Pileg DPRD Provinsi Kepril di Dapil IV. Menurut dia, KPU Kota Batam sudah menindaklanjuti dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Benar. Itu sudah kita ambil kebijakan. Sudah selesai,” ujarnya. Diketahui, dapil IV menyediakan 10 kursi untuk diperebutkan para caleg di Pileg 2024. Total calon anggota legislatif (caleg) yang memperebutkan kursi DPRD Kepri di Pemilu 2024 mencapai 600 orang, tersebar di tujuh Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.