Dark/Light Mode

PSI Terancam Nggak Lolos

Kaesang Nggak Nendang

Jumat, 16 Februari 2024 08:10 WIB
Ketum Umum PSI PSI didampingi istri Erina Gudono saat mencoblos di TPS 063, Apartemen Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 14/2/2024. (Foto: Twitter X/PSI)
Ketum Umum PSI PSI didampingi istri Erina Gudono saat mencoblos di TPS 063, Apartemen Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 14/2/2024. (Foto: Twitter X/PSI)

 Sebelumnya 
Apa tanggapan PSI? Anggota Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka tetap optimis partainya bisa punya perwakilan di Senayan. “Kami masih optimis. Quick Count internal kami sudah masuk 4 persen. Seluruh kader kami minta untuk kawal suara kami di semua tingkatan,” kata Isyana, Kamis (15/2).

Isyana lantas menyoroti soal adanya margin of error sekitar 1-2 persen pada lembaga survei yang menyatakan, suara PSI di bawah 4 persen.

“Seluruh kader terus semangat mengawal ketat suara kami di setiap tingkatan,” tandas dia.

Baca juga : Hoaks, Anwar Usman Jadi Ketua MK Lagi

Kenapa Kaesang belum nendang? Pengamat politik dari LSI Denny JA Adjie Alfaraby menilai ada dua faktor yang menyebabkan PSI masih belum mampu menyentuh angka 4 persen. Faktor pertama, kata Adjie, telatnya Kaesang bergabung dan memimpin PSI.

“Kaesang masuk kurang lebih empat bulan menjelang pemilu legislatif sehingga tidak optimal menarik asosiasi itu secara lebih kuat bahwa PSI adalah partainya Pak Jokowi,” ujar Adjie.

Faktor kedua yang membuat Kaesang belum nendang adalah faktor dari caleg yang diusung PSI. Menurut Adjie, komposisi caleg yang diusung PSI di Pemilu 2024 tidak beda jauh dengan Pemilu 2009. PSI kekurangan ketersediaan caleg berkualitas di tiap dapil.

Baca juga : Ali Mahsun Atmo: Cuaca Bukan Faktor Utama Beras Mahal

“PSI itu infrastrukturnya tidak sekuat partai-partai lain. Kalau partai yang lolos PT (parliamentary threshold) misalnya PAN, Demokrat, PKS, mereka bukan hanya mengandalkan image partai, namun juga mengandalkan kekuatan caleg-caleg mereka di tiap dapil,” jelasnya.

Apalagi, saat Kaesang gabung, PSI sudah selesai melakukan proses perekturan caleg ke KPU. Artinya, Kaesang tidak terlibat penuh dalam penyusunan kader yang bakal diusung sebagai Caleg.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 16 Februari 2024 dengan judul PSI Terancam Nggak Lolos, Kaesang Nggak Nendang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.