Dark/Light Mode

Wacanakan Kementerian Makan Siang Gratis

Prabowo-Gibran Bakal Jalankan Revolusi Damai

Sabtu, 24 Februari 2024 07:35 WIB
Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan. (Foto: Dok. Istimewa)
Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan. (Foto: Dok. Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Fanta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Arief Rosyid Hasan, mewacanakan terbentuknya Kementerian Makan Siang Gratis bila jagoannya menang di Pilpres 2024.

“Pak Prabowo dan Mas Gibran sedang membicarakan ada ke­menterian atau lembaga yang khusus mengeksekusi program makan siang gratis," kata Arief, di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Dia menjelaskan, makan siang dan susu gratis merupakan salah satu program prioritas Prabowo-Gibran begitu dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden masa bakti 2024-2029. Teknisnya, kata Arief, pelaksanaan pro­gram makan siang gratis ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk me­nyediakan makanannya.

Program ini menargetkan 82,9 juta orang yang terdiri atas siswa, santri dan ibu hamil di seluruh Indonesia. Kabarnya, program untuk mengentaskan masalah stunting dan kemiski­nan ini menelan biaya 34 miliar dolar AS atau sekitar Rp 530 triliun per tahun. Eksekutor program ini akan melibatkan koperasi, UMKM, hingga Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Baca juga : Ingat, Urusan Air Tak Bisa Dikesampingkan

Menurut Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Budiman Sudjatmiko, pelibatan koperasi hingga Bumdes membuat pelaksanaan program makan siang gratis seperti revolusi. Lebih tepatnya revolusi damai, bukan revolusi berdarah.

"Ini revolusi damai terbesar di dunia. Pergerakan manusia, pergerakan ekonomi dan juga pergerakan sosial manusia me­nyediakan telur, masak nasi tiap hari untuk 82 juta perut, dikasih makan tiap hari, itu revolusi damai," ujar mantan politikus PDIP itu, awal Februari.

Diungkapkannya, ada lima kementerian yang terlibat lang­sung dalam program makan siang dan susu gratis Prabowo-Gibran, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan.

Tak hanya itu, program makan siang gratis ini juga akan meli­batkan Pemerintah Daerah dan desa terkait kesiapan penyediaan bahan pangan yang dibutuhkan.

Baca juga : Bawaslu Belum TemukanPelanggaran Bersifat TSM

“Salah satu kunci keberhasilan program ini pada ketersediaanbahan pangan dan sumber produksi pangannya,” katanya.

Soal komposisi menu, makan siang gratis ini mengacu pada konsep makanan 4 sehat 5 sem­purna. Teknisnya, membutuhkan pasokan beras sebanyak 6,7 juta ton per tahun, daging ayam se­banyak 1,2 juta ton dan daging sapi 500.000 ton per tahun.

Selain itu, membutuhkan 1 juta ton daging ikan, sayur mayur dan buah‐buahan termasuk 4 juta kiloliter susu sapi segar per tahun.

Sebab itu, Bumdes, UMKM dan koperasi harus terkonsoli­dasikan menyusun rantai pasok khusus penyediaan kebutuhan tersebut.

Baca juga : Suara Antar Caleg Sesama Partai Rawan Dipindah Nih

“Untuk industri besar pangan nasional, mereka akan mendapat tugas mendorong peningkatan kualitas, produktivitas, serta penerapan teknologi pertanian,” pungkasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 24/2/2024 dengan judul Wacanakan Kementerian Makan Siang Gratis, Prabowo-Gibran Bakal Jalankan Revolusi Damai       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.