Dark/Light Mode

Aman Dan Kondusif Pasca Pencoblosan, 2024 Tak Sepanas 2019

Sabtu, 16 Maret 2024 08:35 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin rapat koordinasi bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (kanan), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Jaksa Agung ST Burhanuddin, di Jakarta, Jumat (15/3/2024). (Foto: Antara Foto/Bayu Pratama S/Spt)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin rapat koordinasi bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (kanan), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Jaksa Agung ST Burhanuddin, di Jakarta, Jumat (15/3/2024). (Foto: Antara Foto/Bayu Pratama S/Spt)

 Sebelumnya 
Kapolri Jenderal Listyo Sigit meng­ungkapkan hal senada. Kata dia, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap proses penghitungan KPU, baik di pusat maupun daerah. Dia berharap, masyarakat yang tidak puas tidak turun ke jalan dan menyerahkan sepenuhnya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bahwa seluruh rangkaian tahapan, mulai dari perhitungan yang ada di wilayah, naik sampai dengan KPUD dan KPU, tentunya ini setiap hari dipan­tau agar bisa tepat waktu,” kata Listyo.

Baca juga : 1 Kapolda Bakal Bersaksi di MK, Kapolri Ikut Penasaran

Sebelumnya, Mabes Polri menyam­paikan telah menyiapkan langkah preventif untuk mengamankan pelak­sanaan pada pengumuman hasil Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024). Kaba­harkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran mengatakan, pihaknya telah berkoor­dinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mempersiapkan rencana pengumuman hasil pesta demokrasi rakyat tersebut.

"Terkait dengan kesiapan pleno pene­tapan hasil Pemilu yang rencananya akan dilaksanakan pada 20 maret, sat­gas preventif yang merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang di dalamnya adalah tim intinya Korsabhara Baharkam Polri bersama dengan Polda Metro Jaya," ujar Fadil kepada wartawan, Kamis (14/3/2024).

Baca juga : Digarap MKMK Lagi, Anwar Usman Sakit

Dengan demikian, Jenderal Poli­si Bintang tiga itu memastikan pe­ngumuman penetapan hasil Pemilu 2024 akan berjalan secara aman dan tertib. “Kami akan kawal tuntas pleno penetapan hasil pemilu 2024 yang akan dilaksanakan oleh KPU RI pada 20 Maret 2024 ini," tambahnya.

Sementara itu, KPU terus melaku­kan rekapitulasi suara yang dimulai pada 15 Februari hingga 20 Maret 2024. Anggota KPU August Mellaz mengatakan, ada kemungkinan proses rekapitulasi selesai pada Senin (18/3).

Baca juga : Usul Bentuk Setgab, Demokrat Ngajak Prabowo Tiru SBY

Hingga Jumat (15/3), KPU sudah melakukan rekapitulasi di 29 provinsi. Pada Jumat (15/3), KPU merekapitulasi empat provinsi, yakni Aceh, Nusa Teng­gara Barat, Papua Selatan, dan Jambi. Dari hasil rekapitulasi itu, Prabowo-Gibran unggul di 27 provinsi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 16 Maret 2024 dengan judul Aman Dan Kondusif Pasca Pencoblosan, 2024 Tak Sepanas 2019

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.