Dark/Light Mode

Tersisa 5 Provinsi, KPU Target Rampungkan Rekapitulasi Suara Pilpres Hari Ini

Senin, 18 Maret 2024 12:35 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari. (Foto: Humas KPU)
Ketua KPU Hasyim Asyari. (Foto: Humas KPU)

RM.id  Rakyat Merdeka - KPU berencana merampungkan rekapitulasi suara secara nasional pada hari ini Senin, (18/3/2024). Sehari sebelumnya, KPU telah membereskan perhitungan suara di 33 provinsi. Artinya, hari ini KPU tinggal menyelesaikan rekapitulasi suara di lima provinsi.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengkonfirmasi masih ada lima provinsi tersisa yang perlu direkap di tingkat nasional. Yakni Papua Induk, Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, Maluku, dan Jawa Barat.

Selain itu, masih ada rekapitulasi hasil pemungutan suara ulang (PSU) Kuala Lumpur yang perlu dibahas dalam rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional.

Baca juga : Prabowo Juara Pilpres Tinggal Ketok Palu

"Dan juga ada satu lagi rekapitulasi hasil PSU Kuala Lumpur yang akan kita rangkum dengan suara semua PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri), 128 PPLN, dan kemudian kita tambahkan atau kita jumlahkan dengan perolehan suara di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan sebagai bahan dari daerah pemilihan DKI Jakarta II," kata Hasyim, seperti dikutip pada Senin (18/3/2024).

Adapun berdasarkan hasil rekapitulasi nasional hingga Minggu (17/3/2024) pukul 23.59 WIB, KPU telah mengesahkan perolehan suara Pilpres pada 33 provinsi di tingkat nasional.

Ke-33 provinsi itu meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Kepulauan Riau.

Baca juga : Neraca Perdagangan RI Kembali Surplus

Kemudian, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Sulawesi Barat, Riau, Papua Barat, dan Sulawesi Utara.

Berikutnya, Bengkulu, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Papua Selatan, Jambi, Maluku Utara, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua Tengah.

Dari hasil rekapitulasi sementara, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul dengan jumlah 76 juta suara di 33 provinsi. Kemudian, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 31 juta suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 23 juta suara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.