Dark/Light Mode

PPP Dan PSI Nggak Lolos, Senayan Cuma Dihuni 8 Parpol

Kamis, 21 Maret 2024 08:00 WIB
Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi. (Foto: IG achbaidowi_awiek)
Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi. (Foto: IG achbaidowi_awiek)

 Sebelumnya 
Meski begitu, Awiek mengatakan, pihaknya tetap menghormati proses yang telah berjalan di KPU. Ia akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami memiliki waktu tiga hari, setelah pengumuman resmi dari KPU untuk mengajukan gugatan Mahkamah Konstitusi. Dalam gugatan di Mahkamah Konstitusi, kami ingin mengembalikans uara PPP yang hilang,” ungkapnya.

Klaim Awiek, dari hasil rekapitulasi internal, PPP dapat mencapai 4,04 persen atau melampaui ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Baca juga : Kubu Paslon 03 Bakalan Angkut Bukti Kecurangan

“Yang jelas data-data kami sangat lengkap dan ketika nanti menggugat ke Mahkamah Konstitusi semuanya akan kami lampiran bukti bukti tersebut,” ujar Anggota Komisi II DPR ini

Awiek menuturkan ada selisih 100-150 ribu suara dari hasil internal PPP dan rekapitulasi KPU. Awiek memastikan, pihaknya akan memperjuangkan selisih suara tersebut.

“Dan kami ingin itu bisa membuktikan semua. Di mana pergeseran-pergeseran suara itu. Tentu kami akan all out di Mahkamah Konstitusi,” tegas Awiek.

Baca juga : Gaes…Mau Pulkam Jangan Pake Motor Ya, Berbahaya

Sedangkan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep tak banyak bicara saat dikonfirmasi oleh wartawan karena partainya tak lolos parlemen. “Besok (hari ini) di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ya. Besok kumpul di DPP saja,” kata Kaesang, usai keluar dari rumah Prabowo Subianto di Jalan Kartanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

Netizen ikut mengomentari hasil rekapitulasi KPU. “Hasil akhir Pemilu: 8 parpol lolos. PPP tertendang dari parlemen. Dan kabar gembiranya, PSI nggak jadi meledak,” cuit @MSMujab22.

“PS* buang-buang suara aja, mending ditransfer ke PPP,” sahut @kev_kag. “PS* dua kali Pemilu jadi tim hore terniat bang,” timpal @yaabirafdidong. “Adain tasyakuruan PSI nggak lolos parlemen bang wkwk,” ajak @InDooSoup.

Baca juga : Warga Kamal Hemat Ratusan Ribu/Bulan

“Kayanya emang sengaja itu ada boost beberapa juta suara, biar PPP nggak lolos,” cetus @Gieehad. “P3 tarik ulur hak angket, mikir-mikir tawaran masuk koalisi. Ambyar dah,” kata @VIDIGARIBALDI1. “Kesian bang @sandiuno, pas liat rekening, ternyata aku yang kasihan,” sindir @anaknyaslamet.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 21 Maret 2024 dengan judul PPP Dan PSI Nggak Lolos, Senayan Cuma Dihuni 8 Parpol

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.