Dark/Light Mode

Banyak Halangan Maju Pilpres

Kang Emil Disarankan Nyalon Gubernur Saja

Senin, 13 Desember 2021 06:50 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Sebab itu, Karyono menilai, peluang mantan Wali Kota Bandung dua periode itu sebetulnya lebih besar jika maju Pilgub Jabar 2024. Selain berstatus petahana, nama Kang Emil juga sudah cukup dikenal secara luas sehingga akan meningkatkan daya tariknya.

“Ketertarikan partai untuk meminangnya sebagai kader cukup besar bila mantan Emil memutuskan maju lagi di pilgub,” tegasnya. Terkait parpol mana yang cocok untuk Emil, Karyono menilai, adalah parpol yang bercorak nasionalis. “Dia (Emil) cukup kuat pemahaman dan pengamalan Pancasila dan rasa nasionalismenya,” ujarnya.

Baca juga : Audiensi Dengan Wapres Ma'ruf Amin, PKP Sampaikan Komitmen Kawal Pemerintahan

Saat diminta mengkerucutkan nama parpol, Karyono mengungkapkan, dalam beberapa kali pertemuannya, mantan jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memberi isyarat ingin bergabung dengan PDI Perjuangan.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono mengatakan, bila ada tokoh atau rakyat mempunyai kesamaan ideologis (Pancasila) dan siap menjalankan roh kerakyatan dan arah perjuangan partai, PDI Perjuangan akan membuka diri. “(Tapi) harus siap menjalankan roh kerakyatan dan arah perjuangan PDI Perjuangan,” jelasnya.

Baca juga : Jaksa Apresiasi Bantuan Alsintan Gairahkan Petani Di Sukoharjo

Diketahui, Ridwan Kamil menyatakan diri akan bergabung dengan partai pada 2022. Ia bilang, saat ini hanya ingin fokus melanjutkan kepemimpinannya di Provinsi Jabar. Adapun pada Pilgub Jabar 2024, dirinya memastikan akan berstatus jadi anggota partai.

“Saya masih istikharah terus terang. Kalau lanjut gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga. Partai mana, mungkin di 2022 mungkin akan saya sampaikan,” ujar Emil, di Gedung Pakuan, Jumat (8/10). [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.