Dark/Light Mode

Diprediksi Cuma 3 Paslon Di Pilkada

12 Figur Berebut Tiket Nyalon Di Pilgub Sultra

Kamis, 3 Februari 2022 07:30 WIB
12 kandidat calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyatakan siap dan berebut tiket maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. (Foto: Istimewa)
12 kandidat calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyatakan siap dan berebut tiket maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suhu politik di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai hangat. Paling tidak ada 12 kandidat calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menyatakan siap dan berebut tiket maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Diprediksi, hanya tiga pasangan saja yang maju.

Belakangan, ada 12 figur yang menyatakan kesiapannya untuk bertarung di Pilgub Sultra 2024. Semua kandidat itu berasal dari elite atau petinggi partai, kepala daerah, mantan kepala daerah, tokoh, mantan petinggi TNI.

Mereka adalah Ketua DPD PDIP Sultra yang juga Wagub Sultra, Lukman Abunawas, Ketua DPW PPP Marsekal Muda TNI (Purn) La Ode Barhim, Ketua DPD Hanura Wa Ode Nurhayati, Ketua DPW PAN Sultra yang juga Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan Ketua DPW PBB Sultra, Ruksamin.

Baca juga : Eks Napi Serius Pengen Maju Di Pilgub Sultra...

Lalu, anggota DPR dari Golkar, Ridwan Bae, istri mantan Gubernur Sultra Tina Nur Alam, Bupati Muna Rusman Emba dan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Kemudian, mantan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, Eks Komisioner Ombudsman dan eks Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Ode Ida dan Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangeruka.

Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Sultra, Najib Husain memprediksi, pada Pilgub Sultra di 2024 hanya akan diikuti tiga pasang calon (paslon). “Tiga pasangan ini sudah maksimal untuk Pilgub Sultra,” katnya, kemarin.

Dosen FISIP Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari ini menjelaskan, semua figur yang ada pada dasarnya sudah harus memiliki tim, dukungan partai dan sudah memikirkan siapa akan menjadi pendampingnnya di Pilgub Sultra nantinya.

Baca juga : Gerindra Siap Dukung Calon Di Pilgub Jabar

“Tahun ini sudah harus ada kejelasan, sampai sejauh mana tim yang mereka buat. Sejauh mana partai yang mendukung dan sampai sejauh mana pasangan yang akan dilirik untuk maju,” jelasnya.

Menurutnya, sejumlah figur di atas telah mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari partai. Hanya saja, ketika masuk dalam tahapan penetapan calon, maka akan banyak figur atau bakal calon berguguran karena persoalan dukungan politik.

Sebelumnya, mantan Bupati Buton, Sultra, Samsu Umar Abdul Samiun sudah bersiap-siap bertarung di Pilgub 2024. Meski mantan narapidana (napi), rupanya dia serius ingin berebut kursi orang nomor satu di Provinsi Sultra.

Baca juga : PDIP Ogah Sesumbar Dulu Di Pilgub Sultra

Umar Samiun tetap bersemangat nyalon jadi orang nomor satu di Sultra. “Insya Allah tanpa kekhawatiran sedikit pun untuk maju (Pilgub Sultra),” kata Umar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.