Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Warning Bawaslu Payakumbuh

Awas, Pemilih Pemula Kehilangan Hak Pilih

Selasa, 8 Februari 2022 06:38 WIB
Ilustrasi. Kantor Bawaslu Pusat
Ilustrasi. Kantor Bawaslu Pusat

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan pemilih pemula agar tidak kehilangan hak pilihnya saat Pemilu 2024. Baik hak pilih untuk Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Untuk itu, para pemilih pemula diminta selalu mencermati setiap tahapan, terutama saat pendataan atau pun pemutakhiran data pemilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bawaslu Payakumbuh hingga saat ini masih terus turun ke lapangan terkait data pemilih. Diharapkan, tidak ada satu pun masyarakat yang kehilangan hak pilihnya.

Baca juga : Saran Praktisi, Pilih Pesantren Yang Sanadnya Jelas

”Kita terus mengingatkan agar masyarakat, terutama pemilih pemula untuk terus mencermati tahapan Pemilu, sehingga mereka tidak kehilangan hak pilih,” kata Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, M Khadafi di Kantor Bawaslu saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, (PDPB), kemarin.

Mantan Ketua KPU Payakumbuh itu menambahkan, diperkirakan pada 2024, pemilih pemula yang saat ini siswa Kelas IX akan ikut memberikan hak pilihnya.

Untuk itu, para pelajar itu harus mencermati setiap tahapan Pemilu. “Kita terus ingatkan mereka (siswa kelas IX). Kita juga terus turun ke lapangan terkait data pemilih,” tuturnya.

Baca juga : Jelang lawan Arema FC, Dua Pelatih Dan Lima Pemain Persija Kepatil Covid

Meski waktu pelaksanaan Pemilu serentak telah ditetapkan, namun terkait pelaksanaan tahapan, hingga saat ini, aku Khadafi, masih menunggu ketetapan KPU Pusat.

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Suci Wildanis menyebutkan, data pemilih sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan Pilkada nanti.

Untuk itu, pihaknya rutin menggelar silaturahmi dan rakor dengan berbagai pihak. Silaturahmi melalui forum ini, jelasnya, sangat penting digelar terkait data pemilih. Kedepannya, pengawasan oleh Bawaslu bisa berjalan baik.

Baca juga : Pengusaha Khawatir Pelaksanaan Pemilu 2024 Ganggu Pemulihan Ekonomi

“Data Pemilih sangat berpengaruh terhadap Pemilu,” jelasnya.

Suci menambahkan, data pemilih hingga saat ini terus bergerak. Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar lalu, DPT Kota Payakumbuh mencapai 93.671 pemilih.

Hingga Januari, menjadi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) naik 93.930 pemilih. Selain dihadiri Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Rakor ini juga dihadiri Kapolres Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Camat, Kalapas Payakumbuh, serta kalangan akademisi. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.