Dark/Light Mode

Persiapan Pemilu Dan Pilkada 2024

Banteng Sulut Berambisi Sapu Bersih Ketua DPRD

Sabtu, 12 Februari 2022 07:45 WIB
Ketua PDIP Sulut, Olly Dondokambey. (Foto: Istimewa)
Ketua PDIP Sulut, Olly Dondokambey. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Perlu diketahui, Bupati Talaud Elly Lasut telah resmi menjadi Ketua Partai Demokrat Sulut. Meski sudah mendapat jabatan itu, menurut Ferry, Bupati Talaud itu masih sangat berat menjadi calon Gubernur Sulut 2024.

Ayah dari anggota DPR dari Partai NasDem Dapil Sulut Hillarry Lasut ini, dinilai tak mudah bisa jadi calon Gubernur. Pasalnya, kader-kader lama Demokrat akan mempertanyakan. “Tidak gampang bagi Elly meyakinkan kader, karena Elly bukan kader murni Demokrat,” jelas Ferry.

Baca juga : Panen Perdana Pisang Bajo, Sukabumi Siap Ekspor

Tapi, lanjutnya, Elly tetap bisa-bisa saja maju jika dua hal dapat dilakukannya dan dilihat publik. Pertama, Elly perlu konsolidasi internal. Hal ini untuk meyakinkan kader tentang motivasi Elly mengambil alih Demokrat sebagai perahunya di Pilkada 2024.

Jika tidak dilakukan, akan merugikan Elly. “Bisa saja ada kader Demokrat yang ikut membesarkan partai tapi tidak diberi kesempatan,” tegasnya.

Baca juga : Intelijen Bali Siap Bantu Bawaslu Pelototi Medsos

Saat ini, aku Ferry, Elly belum memiliki kontribusi dibanding kader lain, sehingga akan menyulitkan dia untuk melakukan politik di tubuh internal Demokrat.

Hal kedua, lanjut Ferry, Demokrat juga harus mengklarifikasi ke publik mengapa Demokrat harus mengambil figur di luar partai sebagai pemimpin mereka.

Baca juga : Penerapan Prokes Putaran Kedua Proliga 2022 Lebih Ketat

“Demokrat harus gentle mengakui mengapa gagal kaderisasi, sehingga harus mengambil kader lain untuk menjadi pemimpin,” jelasnya.

Tanpa klarifikasi, masih menurut Ferry, Demokrat makin akan ditinggal pendukung. Tidak elok bagi politisi yang tidak bisa merebut jabatan tinggi di parpolnya lalu pindah ke parpol lain. “Demokrat juga akan terkena dampak proses tidak elok ini,” ujarnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.